Fitriyani, 1123303050 (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO Fitriyani. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
Abstrak.docx Download (11kB) |
||
|
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf Download (982kB) | Preview |
|
Text
FITRIYANI_IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Implementasi Kurikulum Muatan Lokal di SD Al-Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tahap-tahap dalam implementasi kurikulum muatan lokal di SD AlIrsyad Al Islamiyyah 01 Purwo kerto yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari Kepala SD Al-Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto, Guru Muatan Lokal Bahasa Inggris dan Guru Muatan Lokal Komputer, serta staf Tata Usaha di SD Al-Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Teknik analisis data menggunakan pola berfikir Milles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum muatan lokal di SD Al-Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto sudah berjalan dengan baik. Indikator yang digunakan ialah berjalannya tahapan-tahapan dalam implementasi kurikulum secara berkesinambungan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasinya. Tahap perencanaan implementasi kurikulum muatan lokal terdiri dari perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan juga guru muatan lokal. Perencanaan yang dilakukan kepala sekolah meliputi: menetapkan SDM, biaya, kurikulum, dan juga sarana prasarana. Sementara perencanaan yang dilakukan guru meliputi: pengembangan program tahunan, program semester, program modul (pokok bahasan), program mingguan dan harian, program pengayaan dan remedial, serta program bimbingan dan konseling. Tahap pelaksanaan implementasi kurikulum terdiri dari kegiatan pembelajaran muatan lokal yang di bagi menjadi tiga bagian, yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam pelaksanaannya guru menggunakan metode dan media yang bervariasi yang sesuai dengan keadaan dan juga kebutuhan. Dalam tahap evaluasi implementasi kurikulum terdiri dari tiga jenis evaluasi yakni evaluasi terhadap perangkat perencanaan pembelajaran, evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Kata kunci: Implementasi Kurikulum Muatan Lokal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 02:22 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/76 |
Actions (login required)
View Item |