Chamdanah, Rizqika Nur (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER BAB I BAB V.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUSS.pdf Download (719kB) | Preview |
Abstract
Dalam dunia belajar mengajar, strategi merupakan suatu seni dan ilmu untuk membawakan pengajaran di kelas sedemikian rupa menarik, sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai secara efektif dan efisien. Belajar bahasa Arab yakni mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan yang mencangkup empat kecakapan bahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Language Development and Information of Darussalam (LDID) sebagai departemen yang mewadahi peserta didik untuk mengembangkan keempat kecakapan bahasa tersebut dalam berbahasa asing (bahasa Arab dan bahasa Inggris). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang strategi pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang strategi-strategi yang dilakukan oleh Language Development and Information of Darussalam (LDID) dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap belajar bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto. Penelitian ini menggunakan kualitatif. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini di antaranya adalah strategi yang dilakukan oleh Language Development and Information of Darussalam (LDID) dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto dengan Strategi Metakognitif, Strategi Afektif, Active Learning, Strategi Sosial, Strategi Kognitif, Pembelajaran Yang Berpusat Pada Peserta Didik, dan Pembelajaran Induksi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, pembelajaran bahasa Arab |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 09:57 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 09:57 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6391 |
Actions (login required)
View Item |