AchmadChoerul Umami, 1522402048 (2019) PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ NASRULLOH KAMPUNG SRI RAHAYU KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Pembelajaran Al-qur’an Di TPQ Nasrulloh Kampung Sri Rahayu K.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Belajar Al-Qur’an menjadi kewajiban setiap umat Islam, belajar Al-Qur’an disini artinya yaitu mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang disertai dengan hukum tajwidnya. Sebagai orang tua sudah seharusnya turut memperhatikan perkembangan agama anak-anaknya.karena perkembangan agama pada anak sangat ditentukan oleh pendidikan dan pengalaman yang dilaluinya. Salah satu cara terpenting mendidik dan membina anak adalah dengan memberinya pendidikan Al-qur’an. Permasalahan yang akan diteliti dan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Al-Qur’an bagi anak jalanan di TPQ Nasrulloh Kampung Sri Rahayu Purwokerto Selatan? Penelitianinimerupakanpenelitianlapangan (field research) yang bersifatdeskriptif-kualitatif.Pihak yang menjadisubyekpenelitianadalahkepala, ustaz/ustazah, dansantri (anakjalanan) TPQ Nasrulloh, sedangkanobyekdalampenelitianiniadalahPembelajaran Al-Qur’an bagianakjalanan di TPQ NasrullohKampung Sri RahayuPurwokerto Selatan. Untukpengumpulan data, teknik yang digunakanialahobservasi, wawancara, dandokumentasi, sedangkandalammenganalisis data digunakanpendekatananalisis Miles and Huberman yang meliputipereduksian data, penyajian data hinggaverifikasidanpenyimpulan data. HasildaripenelitianinimenunjukankegiatanPembelajaran Al-Qur’an di TPQ NasrullohKampung Sri Rahayudilaksanakansetiapharikecualiharijumat, pukul 16.00 WIBsampaiselesai.Pembelajarandilaksanakansecaraklasikalataubersama-samadalamsaturuangan, terdapat 44 santri, 12 diantaranyasantrimerupakananakjalanan.Dalampelaksanaanpembelajaran Al-Qur’an menggunakanmetodeIqra’, Kegiatanpembelajarandilaksanakandengan 3 tahapanyaitu: pembukaan, ustadzmengucapkansalam, bersama-samamembacaAl-Fatikhah, doasehari-haridansuratanpendekbersama-sama. Kedua, kegiataninti.Ustadzbersamaparasantrimenyiapkanbukumateri yang akandigunakanuntukpembelajaranIqra’ dansantrimengumpulkankartuprestasikepadaustadz.Kemudianbergantianatau individual membacahalamaniqra’ dengandipanggilsatu per satudanmmebacadisimakolehustadz,.Ketiga, penutup.ustadzmenutuppembelajaransecarabersama-samadenganmelafadzkandoakeduauntukkedua orang tua, doakeselamatanduniaakhirat, dandoakifaratulmajelis, kemudianustadzmengucapsalamdanbersalamandenganparasantri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 02:28 |
Last Modified: | 31 Jul 2019 02:28 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5799 |
Actions (login required)
View Item |