Implementasi Manajemen Berbasis Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Diniyah Nurul Karomah Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas

Amin Hidayat, NIM. 1423402109 (2017) Implementasi Manajemen Berbasis Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Diniyah Nurul Karomah Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TESIS AMIN HIDAYAT.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
TESIS AMIN HIDAYAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman masyarakat terhadap madrasah diniyah sangatlah penting. Maka diberlakukan kebijakan manajemen berbasis masyarakat dengan harapan masyarakat dapat terlibat dalam kebijakan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi manajemen berbasis masyarakat dalam meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah diniyah Nurul Karomah Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas? Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi. Temuan penelitian ini adalah: 1) Implementasi manajemen berbasis masyarakat di Madrasah Diniyah Nurul Karomah Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas dilaksanakan sejak awal pendirian madrasah diniyah dengan tujuan membangun hubungan dengan masyarakat serta menumbuhkan wawasan di kalangan masyarakat terhadap keberadaan madrasah diniyah yang pada awalnya belum dipahami secara penuh oleh masyarakat. Implementasi manajemen berbasis masyarakat dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Diniyah Nurul Karomah Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas ditunjukkan dengan adanya kontribusi atau dukungan dari masyarakat dalam: a) Manajemen Sarana dan prasarana; b) Manajemen Tenaga Kerja; dan c) Manajemen Keuangan. 2) Mutu pembelajaran sebagai hasil dari implementasi manajemen berbasis masyarakat di Madrasah Diniyah Nurul Karomah Tambaknegara Rawalo selain ditunjukkan melalui nilai pencapaian santri juga ditunjukkan pada aspek berikut: 1) menyelenggarakan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan dapat dipertanggungjawabkan keberadaannya, 2) menyelenggarakan proses pembelajaran yang profesional sehingga tercipta efisiensi dalam waktu belajar, 3) memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh madrasah diniyah misalnya dalam pengadaan sarana prasarana belajar, transport pengajar, pengembangan kegiatan belajar, dan sebagainya, 4) melaksanakan kegiatan belajar dengan menerapkan metode yang relevan dan sesuai dengan karakteristik santri, 5) menciptakan kebijakan ruang memberi ruang bagi aspirasi masyarakat yaitu dengan menerapkan manajemen berbasis masyarakat sehingga masyarakat dapat memberikan sumbangan tenaga, pemikiran, maupun materi yang dibutuhkan untuk pengembangan madrasah diniyah, dan 6) menjadikan madrasah agar mampu merespon tuntutan perkembangan jaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 03 Aug 2018 00:05
Last Modified: 03 Aug 2018 00:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4062

Actions (login required)

View Item View Item