PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS III DI MI MA’ARIF 03 GENTASARI KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

NAELA FITRIANI, 1323305080 (2018) PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS III DI MI MA’ARIF 03 GENTASARI KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
NAELA FITRIANI _PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS III DI MI MA’ARIF 03 GENTASARI KECAMAT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang didalamnya terdapat interaksi antara guru dengan peserta didik, sumber belajar dan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar di dalam kelas yang memuat materi geografi, sejarah, antropologi, sosiologi, dan ekonomi khususnya di kelas III itu sendiri. Ilmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang mengkaji tentang kehidupan sosial dan lingkungan sosial yang bertujuan untuk membentuk anak menjadi warga negara yang baik dan mampu hidup di lingkungan sosial dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaranIlmuPengetahuanSosial kelas III di MI Ma’arif 03 Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data-data dan informasi yang tepat dari penelitian, maka peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti berdasarkan teori dari Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitianmenunjukan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas III di MI Ma’arif 03 Gentasari sudah berjalan cukup baik.Dilihat dari tahap perencanaan, tahapan pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan guru merumuskan silabus, RPP, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan materi pelajaran, menentukan metode pembelajaran, menentukan media pembelajaran dan merumuskan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan guru menggunakan tujuan pembelajaran dan materi pelajaran yang berpedoman pada program madrasah dan materi dari buku paket IPS,dan metode yang bervariasi serta media yang mendukung.Pada tahap akhir guru melakukan evaluasi pembelajaran menggunakan tes tertulis dan non tes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, pembelajaran siswa, cara pengajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 09 Feb 2018 00:01
Last Modified: 09 Feb 2018 00:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3409

Actions (login required)

View Item View Item