Marhamah, 1223402018 (2017) MANAJEMEN PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA MI MA’ARIF NU I PAGERAJI DAN MI DARUL HIKMAH KAB. BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, PASCASARJANA IAIN PURWOKERTO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I TESIS.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II TESIS.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III TESIS.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
|
Text
Bab V TESIS.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Salah satu persoalan utama dalam lembaga pendidikan Islam yang sangat mendasar adalah masalah manajemen peserta didik. Tujuan utama manajemen peserta didik adalah mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar kegiatan tersebut menunjang proses pembelajaran sehingga dapat berjalan dengan lancar, tertib dan teratur serta dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan yang ditetapkan. Sedangkan fungsi manajemen peserta didik adalah sebagai bentuk pengelolaan “Produk” untuk menjadi output siap pakai bagi lembaga pendidikan Islam, dan sebagai wahana bagi peserta didik untuk mengembangkan diri seoptimal mungkin, baik dari segi individual, komunitas-sosial, aspirasi, kebutuhan personal atau bahkan untuk pengembangan potensi peserta didik lainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengembangan bakat dan minat siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan bakat dan minat siswa di MI Ma’arif NU 1 Pageraji dan MI Darul Hikmah pada tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pengembangan bakat dan minat siswa di MI Ma’arif NU 1 Pageraji dan MI Darul Hikmah dilakukan melalui 4 proses, yaitu (1) tahap perencanaan program pada awal tahun pelajaran serta mengidentifikasi bakat yang dimiliki siswa; (2) tahap pengorganisasian dengan melalui identifikasi tujuan, penyeleksian, serta mengorganisasikannya menggunakan angket; (3) tahap pelaksanaan melalui kegiatan ektrakurikuler dan intrakurikuler; (4) tahap evaluasi melalui pengamatan langsung. Faktor yang mempengaruhi manajemen pengembangan bakat dan minat siswa MI Ma’arif NU 1 Pageraji dan MI Darul Hikmah, yaitu : Faktor pendukung internal, yaitu pembina dan penanggungjawab yang berkompeten, adanya kebersamaan dari seluruh elemen yang terkait, motivasi guru-guru dalam pelaksanaan kegiatan, serta terprogramnya kegiatan dalam RAPBM. Faktor pendukung eksternal, yaitu adanya input peserta didik dalam jumlah banyak, dukungan dari wali murid baik secara materi maupun motivasi. Faktor penghambat internal, yaitu belum adanya panduan baku kegiatan ekstrakurikuler, peralatan ataupun fasilitas yang belum memadai, waktu pelaksanaan kegiatan yang kurang maksimal, serta kurang disiplinnya siswa dalam mengikuti kegiatan. Faktor penghambat eksternal, yaitu banyak waktu libur sehingga gerakan siswa seni tari banyak yang lupa, untuk kegiatan seni lukis, kendalanya ketika pelatih tidak hadir, kendala yang dihadapi dalam kegiatan hadroh yaitu jika alat yang digunakan untuk berlatih mengalami kerusakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pengembangan, Bakat dan Minat |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. lutfie MZ |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 01:49 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 01:49 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3274 |
Actions (login required)
View Item |