Atiek Nur, Fajriyah (2025) IMPLEMENTASI TES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS QUIZIZZ PAPER MODE DI KELAS VII MTs WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
ATIEK NUR FAJRIYAH_IMPLEMENTASI TES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS QUIZIZZ PAPER MODE DI KELAS VII MTs WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab yang efektif memerlukan metode evaluasi yang inovatif agar proses belajar menjadi lebih interaktif dan tidak monoton. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah Tes Berbasis Quizizz Paper Mode, yang menggabungkan keunggulan evaluasi berbasis digital dengan kemudahan penggunaan kertas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi tes pembelajaran bahasa arab berbasis quizizz paper mode di kelas VII MTs Wathoniyah Islamiyah Kebarongan serta apa saja kendala dan keberhasilan dalam implementasi tes pembelajaran bahasa arab berbasis quizizz paper mode di kelas VII MTs Wathoniyah Islamiyah Kebarongan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secara sistematis yang menghasilkan data secara langsung di lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa arab kelas VII dan peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan tes pembelajaran bahasa arab berbasis quizizz paper mode terdapat tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan terdiri dari perancangan soal dan materi pembelajaran yang akan diuji, yang disesuaikan dengan kurikulum serta kebutuhan peserta didik. Pada tahap ini, guru menyiapkan lembar soal yang akan dicetak dan diserahkan kepada siswa, namun tetap memanfaatkan aplikasi Quizizz untuk memeriksa dan mengolah hasil evaluasi secara otomatis. Pada tahap pelaksanaan, tes dilakukan dengan membagikan soal dalam bentuk kertas kepada siswa, di mana mereka akan mengerjakan soal secara manual. Setelah tes selesai, guru memasukkan hasil jawaban siswa ke dalam aplikasi Quizizz untuk pengecekan otomatis dan memperoleh laporan hasil yang dapat dianalisis lebih lanjut. Tahap evaluasi berfokus pada analisis hasil tes yang diperoleh dari Quizizz. Guru dapat melihat seberapa efektif metode ini dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, serta mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran. Selain itu, evaluasi ini juga mencakup umpan balik dari siswa mengenai pengalaman mereka menggunakan tes berbasis Quizizz Paper Mode. Kendala metode ini seperti keterbatasan perangkat teknologi. Namun, keberhasilan yang dicapai antara lain peningkatan minat siswa dalam mengikuti tes.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Atiek Nur Fajriyah |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:18 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:18 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30478 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |