PENGARUH MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII DI SMP N 8 PURWOKERTO

Nadia Safira, Firdaus (2024) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII DI SMP N 8 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NADIA SAFIRA FIRDAUS_ PENGARUH MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII DI SMP N 8 PURWOKERTO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenal sejumlah materi pelajaran tertentu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemanfaatan media yang inovatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media interaktif berbasis Canva dipilih karena memiliki kemampuan untuk membuat materi pembelajaran yang menarik, kreatif, dan mudah dipahami oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh media interaktif berbasis Canva pada pembelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 8 Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental designs (non designs) dengan one group pretest-posttest design. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada uji hipotesis terdapat perbedaan yang signifikan pada pengaruh media interaktif berbasis Canva terhadap hasil belajar pada pembelajaran PAI kelas VII di SMPN 8 Purwoketo sebelum dan sesudah menerapkan media Canva. Kemudian media pembelajaran yang sudah dikembangkan efektif terhadap hasil belajar siswa dengan nilai pretest rata-rata 79,29 dan nilai posttest rata-rata 85,47. Kemudian dengan hasil uji validitas lembar angket respon siswa dinyatakan valid karena nilai dari r hitung lebih tinggi dari r tabel dan hasil uji reabilitas dinyatakan reliabel dan konsiten. Maka media pembelajaran yang dikembangkan dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMPN 8 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran PAI, Media Interaktif Canva
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Safira Firdaus sdri
Date Deposited: 08 Jan 2025 08:03
Last Modified: 08 Jan 2025 08:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28508

Actions (login required)

View Item View Item