ANALISIS PENGARUH SEARCH ENGINE OPTIMIZATION MARKETING, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT MUSLIM PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Generasi Zilenial di Purwokerto)

Hanun, Ihda Asyhfia (2024) ANALISIS PENGARUH SEARCH ENGINE OPTIMIZATION MARKETING, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT MUSLIM PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Generasi Zilenial di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN. Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Hanun Ihda Asyhfia.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Indonesia menjadi negara yang memiliki populasi mayoritas umat Islam dengan jumlah 87,7% masyarakatnya beragama Islam. Idealnya masyarakat muslim lebih memahami dan sudah tidak awam lagi dengan kegiatan transaksi yang sesuai syariah. Faktanya pangsa pasar bank syariah hanya sebesar 6,18% di tahun 2020. Hal ini berhubungan dengan market share bank syariah dan tingkat literasi keuangan syariah masyarakat muslim di Indonesia masih rendah. Tingkat literasi keuangan syariah masyarakat Indonesia di tahun 2022 hanya sebesar 9.13%. Masyarakat muslim masih minim literasi keuangan syariah awam dengan berbagai istilah dan produk di bank syariah. Search engine optimization memperoleh 41,0% dan social media marketing sebesar 37.6% yang merupakan dua alat digital marketing yang paling banyak digunakan untuk melakukan pencarian produk atau brand ini menjadi solusi utuk masalah diatas. Penelitian ini behubungan dengan digital marketing, generasi Zilenial disebut sebagai generasi digital oleh karena itu dijadikan sebagai obek penelitian ini. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel berjumlah 121 responden gen Z di Purwokerto. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sample dengan rumus Lemeshow. Data diolah menggunakan uji analisis linier berganda menggunakan alat bantu SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa search engine optimization marketing tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat muslim pada bank syariah. Social media marketing dan literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap minat masyarakat muslim pada bank syariah. Secara simultan search engine optimization marketing. social media marketing, dan lierasi keuangan syariah berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat muslim gen Z di Purwokerto yang Implikasinya masyarakat muslim yang belum mengetahui dan mengenal bank syariah menjadi tertarik hingga memutuskan dan berminat pada bank syariah berdasarkan pengetahuan literasi keuangan syariah maupun lewat marketing dari sosial media dan juga pencarian lewat keyword di search engine.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Search Engine Optimization Marketing, Social Media Marketing, Literasi Keuangan Syariah, dan Minat Masyarakat Muslim, Bank Syariah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Hanun Ihda Asyhfia
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:41
Last Modified: 14 Oct 2024 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27290

Actions (login required)

View Item View Item