Desi Listiana Dewi, NIM. 132330305046 (2017) PENERAPAN METODE UMMI PADA PROGRAM CARA CEPAT BELAJAR AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQAMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text
DESI LISTIANA DEWI__Penerapan Metode Ummi Pada Program Cara Cepat Belajar Al-Qur’an di Madrasah .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Di era global ini, ada fenomena menarik di Indonesia dengan adanya program cara cepat belajar Al-Qur’an menggunakan metode ummi sudah menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi masyarakat islam. Metode ummi yaitu metode membaca Al-Qur’an dengan menggunakan pendekatan bahasa ibu yang menekankan kasih saying dengan metode privat, klasikal dan baca simak. Proses pembelajaran kegiatan Al-Qur’an metode ummi di mulai dengan membaca do’a, hafalan surat pendek, mengulang kembali pelajaran yang lalu, penanaman konsep, pemahaman konsep/latihan, terapkan terampil, do’apenutup. MI Istiqamah Sambas Purbalingga merupakan suatu lembaga yang mengedepankan pendidikan Al-Qur’an.Evaluasi yang diterapkan di dalam pembelajaran Al-Qur’an metode ummi ada dua macam, yaitu evaluasi pembelajaran ummi dan evaluasi pengguna ummi. Pembelajaran Al-Qur’an yang digunakan di MI Istiqamah Sambas Purbalingga menggunakan metode ummi karena metode tersebut metode yang pas diterapkan untuk membentuk peserta didik yang mahir dalam membaca Al-Qur’an sesuai tartil. Dalam penelitianini membahas tentang penerapan metode ummi pada program cara cepat belajar Al-Qur’an di MI Istiqamah Sambas Purbalingga. Di dalam rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode ummi pada program caracepatbelajar Al-Qur’an di MI Istiqamah Sambas Purbalingga. Tujuan penelitian ini yaitu penulis mendeskripsikan bagaimana penerapan metode ummi di MI Istiqamah Sambas Purbalingga. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode ummi yang diterapkan di MI Istiqamah Purbalingga sangatlah bagus karena mampu mempercepat pesertadidik dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid dan tartil yang baik dan benar sehingga peserta didiknya berkualitas dalam bidang Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Ummi, Hafalan Qur'an, Tahfid Qur'an, Metode Hafalan |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 01:00 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 01:00 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2725 |
Actions (login required)
View Item |