PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI (SELF CONTROL) SISWA DI SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

Sevina, Trimurtiana (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI (SELF CONTROL) SISWA DI SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sevina Trimurtiana_Peran Guru Dalam Meningkatkan Kontrol Diri (Self Control) Siswa Di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru memegang peranan utama dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan guru mengemban tugas untuk mempersiapkan generasi muda sesuai dengan cita-cita bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa guru merupakan titik sentral dalam pendidikan baik formal maupun non formal. Fenomena di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto dengan siswa yang berasal dari latar belakang dan karakter yang berbeda-beda, sehingga menjadikan perilaku dan sifat yang dimiliki siswa juga berbeda-beda pula. Sebagian besar siswa mampu mengendalikan kontrol dirinya dengan baik, akan tetapi masih ada siswa yang belum mampu mengendalikan kontrol dirinya dengan baik. Perbuatan melanggar tata tertib, tidak disiplin, tidak masuk sekolah tanpa izin, berkelahi antar teman, dan perbuatan menyimpang lainnya. Hal ini memerlukan peningkatan kontrol diri yang ada pada diri siswa. Peningkatan kontrol diri siswa dibutuhkan agar mampu mengubah sikap dan perilaku siswa dalam keseharian. Dalam hal ini peran seorang guru sangat diperlukan dalam upaya untuk meningkatkan kontrol diri siswa yang diakibatkan oleh arus globalisasi. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto karena peran guru di lembaga pendidikan ini sudah dijalankan dengan baik sehingga kenakalan-kenakalan siswa sudah mulai dapat diatasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu melalui penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Adapun teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kontrol diri siswa di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto meliputi peran sebagai educator atau pendidik, supervisor atau pembimbing, motivator, evaluator, dan fasilitator. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kontrol diri siswa di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto yang pertama melalui tindakan preventif/pencegahan diantaranya dengan pembinaan akhlak dalam pembelajaran, kegiatan pembiasaan keagamaan, dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Yang kedua melalui tindakan kuratif yaitu tindakan yang dilakukan setelah terjadinya pelanggaran, tindakan tersebut dilakukan dengan pemberian hukuman/punishment yang bersifat mendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kontrol Diri (Self Control), Siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sevina Trimurtiana
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:47
Last Modified: 10 Sep 2024 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27043

Actions (login required)

View Item View Item