Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Kewirausahaan di RA Diponegoro 77 Tinggarjaya Jatilawang Banyumas

Umi, Masruroh (2024) Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Kewirausahaan di RA Diponegoro 77 Tinggarjaya Jatilawang Banyumas. Masters thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER UMI MASRUROH_Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Kewirausahaan di RA Diponegoro 77 Tinggarjaya Jatilawang Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi pendidikan tidak hanya sebatas mempelajari materi akademik, tetapi juga membangun karakter dan keterampilan relevan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Profil pelajar pancasila menjadi pondasi yang kuat dalam membentuk karakter pelajar yang tangguh dan berintegritas. Namun, pengajaran nilai-nilai ini seringkali masih terbatas pada pembelajaran teoritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penguatan karakter pelajar Pancasila melalui program kewirausahaan di RA Diponegoro 77 Tinggarjaya Jatilawang Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui program kewirausahaan di RA Diponegoro 77 Tinggarjaya Jatilawang Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program kewirausahaan dilaksanakan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. 2) Program kewirausahaan yang dilaksanakan di RA Diponegoro 77 Tinggarjaya Jatilawang Banyumas meliputi program kantin bersama, outing class, cooking class dan market day. 3) Hasil pembentukan dan penguatan karakter melalui program kewirausahaan kantin bersama, outing class dan cooking class adalah dapat menguatkan karakter pelajar pancasila yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, karakter berkebinekaan tunggal, karakter gotong royong, mandiri, kreatif, bernalar kritis dan tanggung jawab. 4) Program kewirausahaan di RA Diponegoro 77 Tinggarjaya Jatilawang Banyumas memiliki dampak positif yang signifikan dalam pembentukan karakter Pelajar Pancasila secara holistik. Orang tua berperan penting dalam memperkuat pembelajaran karakter di rumah. Program kewirausahaan tidak hanya mempengaruhi karakter anak-anak di sekolah tetapi juga menciptakan konsistensi nilai-nilai tersebut di lingkungan rumah. Peran aktif orang tua dalam mendukung pembelajaran karakter di rumah menjadi kunci keberhasilan anak-anak untuk menginternalisasi nilai-nilai karakter profil pelajar Pancasila dengan lebih baik. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya kolaborasi antara sekolah dan keluarga dalam memperkuat karakter anak melalui pendidikan kewirausahaan yang terintegrasi dengan nilai-nilai moral dan sosial. Kata Kunci : Karakter Pelajar Pancasila, Kewirausahaan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karakter Pelajar Pancasila, Kewirausahaan Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Umi Masruroh
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:24
Last Modified: 23 Jul 2024 08:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26789

Actions (login required)

View Item View Item