STRATEGI PEMBERDAYAAN PETANI KENTANG UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAN PETANI (Studi Kelompok Tani Maju Bersama Di Desa Clekatakan Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang)

Untung, Famuji (2024) STRATEGI PEMBERDAYAAN PETANI KENTANG UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAN PETANI (Studi Kelompok Tani Maju Bersama Di Desa Clekatakan Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang). Skripsi thesis, UIN PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
BISMILLAH REVISI FIKS WORD fikssssssss.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Strategi Pemberdayaan Petani Kentang Untuk Meningkatkan Kesejahteran Petani (Studi Kelompok Tani Maju Bersama Di Desa Clekatakan Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang) Untung Famuji NIM: 2017104005 ABSTRAK Pemberdayaan petani merupakan aspek krusial dalam pengembangan sektor pertanian, khususnya untuk komoditas unggulan seperti kentang di Kabupaten Pemalang. Meskipun memiliki nilai ekonomi tinggi, kesejahteraan petani kentang belum optimal karena berbagai kendala dalam budidaya dan pemasaran. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi pemberdayaan petani kentang untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Kelompok Tani Maju Bersama, Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengidentifikasi tiga strategi utama: (1) peningkatan produktivitas melalui penggunaan bibit unggul, teknologi budidaya yang baik, dan optimalisasi penggunaan pupuk dan pestisida; (2) penguatan kelembagaan petani melalui peningkatan kapasitas kelompok tani dan kemitraan; (3) peningkatan akses permodalan dengan dukungan lembaga keuangan formal dan non-formal. Faktor luas lahan ditemukan berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan petani. Kata kunci: Strategi Pemberdayaan Petani, Petani Kentang, Kesejahteraan Petani, Kelompok Tani

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemberdayaan Petani, Petani Kentang, Kesejahteraan Petani, Kelompok Tani
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Untung Famuji sdr
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:13
Last Modified: 15 Jul 2024 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25985

Actions (login required)

View Item View Item