STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY GENTENG SOKKA MDN DI TENGAH PERSAINGAN GLOBAL DI DESA KUWAYUHAN KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN

Yuchanidz Yaqutun, Nafis (2024) STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY GENTENG SOKKA MDN DI TENGAH PERSAINGAN GLOBAL DI DESA KUWAYUHAN KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
YUCHANIDZ YAQUTUN NAFIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kerajinan home industry genteng di kalangan pengrajin dapat berpengaruh terhadap kelangsungan sentra industi genteng di daerah Sokka, Kebumen. Namun sekarang ini di daerah sokka banyak home industry genteng yang tutup dan tidak berproduksi lagi. Terdapat salah satu home industry genteng sokka yang masih berdiri bernama home industry genteng sokka MDN. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin menurunnya home industry genteng sokka di Desa Kuwayuhan Kabupaten Kebumen. Fokus penelitian dari penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran home industry Genteng Sokka MDN di tengah persaingan global di Desa Kuwayuhan Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang strategi pemasaran home industry Genteng Sokka MDN di tengah persaingan global di Desa Kuwayuhan Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research) menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian yaitu di Desa Kuwayuhan Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa home industry Genteng Sokka MDN sudah menerapkan strategi pemasaran industry sesuai teori yaitu dari aspek produk, dalam hal produk belum optimal karena variasi warna genteng belum menarik dan hanya terdapat satu warna (warna natural), dari aspek harga sudah terlaksana yaitu harga terjangkau. Sementara dari aspek promosi sudah memasarkan melalui media online tidak hanya pemasaran offline saja. Dari aspek pendistribusian juga belum maksimal, belum bisa memanfaatkan teknologi di era globalisasi secara menyeluruh karena minimnya sumber daya manusia dan masih kurangnya penguasaan teknologi komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Industri, Persaingan Global
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yuchanidz Yaqutun Nafis sdri
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:56
Last Modified: 10 Jul 2024 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25395

Actions (login required)

View Item View Item