ANALISIS STRATEGI JUAL BELI EMAS DENGAN METODE ANALISIS FUNDAMENTAL DAN ANALISIS TEKNIKAL (Studi Kasus Harga Emas Dalam Aplikasi Trading View Tahun 2000-2023)

Rosid, Nurhidayat (2024) ANALISIS STRATEGI JUAL BELI EMAS DENGAN METODE ANALISIS FUNDAMENTAL DAN ANALISIS TEKNIKAL (Studi Kasus Harga Emas Dalam Aplikasi Trading View Tahun 2000-2023). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rosid Nurhidayat,.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Emas merupakan benda yang sangat bernilai dan telah diakui selama berabad- abad sebagai logam mulia dan termasuk tempat tertinggi sebagai pilihan investasi masyarakat. Alasan para investor berinvestasi di emas adalah untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga emas secara langsung, serta mendapatkan rasa aman dari adanya gejolak ekonomi, politik, social maupun krisis keuangan. Permasalahan yang dihadapi pada saat ini yaitu sulitnya memprediksi pergerakan harga turun dan naiknya emas dikarenakan belum ditemukannya metode yang tepat dalam memprediksi hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode dokumentasi adalah penelitian yang menggunakan metode pengumpulan data dan analisis data dari jurnal, buku, internet, hasil penelitian atau catatan hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi dalam jual beli emas dengan menggunakan analisis fundamental dan analisis teknikal dalam menentukan harga beli dan harga jual berfungsi dengan baik. Dibuktikan bahwa pergerakan harga emas berjalan sesuai dengan permintaan (demand) dan penawaran (supply) dalam analisis teknikal disebut dengan support sebagai demand dan resistance sebagai supply. Pada pergerakan data historis harga emas terdapat reaksi ketika harga emas mencapai garis resistance ada aksi penawaran atau penjualan. Sebaliknya, ketika berada disupport ada rekasi permintaan. Selain analisis teknikal fundamental ekonomi juga berpengaruh terhadap pergerakan harga emas seperti tingkat pengangguran, tingkat suku bunga, tingkat inflasi, dan adanya pandemi. Dibuktikan pada pergerakan harga emas dalam aplikasi trading view dari tahun 2000-2023. Kata Kunci : Harga Emas, Analisis Fundamental, Analisis Teknikal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga Emas, Analisis Fundamental, Analisis Teknikal vi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rosid Nurhidayat sdr
Date Deposited: 31 May 2024 07:37
Last Modified: 31 May 2024 07:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24762

Actions (login required)

View Item View Item