MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SD QORYAH THAYYIBAH KARANGSALAM KIDUL KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Irmayani, Azizah (2024) MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SD QORYAH THAYYIBAH KARANGSALAM KIDUL KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IRMAYANI AZIZAH_MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI SD QORYAH THAYYIBAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen komunikasi pemasaran terpadu jasa pendidikan di SD Qoryah Thayyibah dan menganalisis implikasi komunikasi pemasaran terpadu jasa pendidikan dalam meningkatkan daya saing di SD Qoryah Thayyibah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian melibatkan kepala madrasah, tim humas, dan orang tua siswa SD Qoryah Thayyibah sebagai informan. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara mendalam dengan para subjek, observasi langsung terhadap proses implikasi komunikasi pemasaran terpadu jasa pendidikan dalam meningkatkan daya saing, dan analisis dokumen terkait manajemen komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan oleh SD Qoryah Thayyibah. Keabsahan data diperkuat melalui triangulasi data dengan membandingkan informasi dari berbagai sumber untuk memastikan keakuratan temuan dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Qoryah Thayyibah berhasil menjadikan sekolah yang berdaya saing dengan menerapakan manajemen komunikasi pemasaran terpadu yang terdiri dari perencanaan komunikasi pemasaran terpadu dengan menentukan segmentasi, positioning dan target pasar dan pelaksanaan unsur bauran promosi. Pengendalian komunikasi pemasaran terpadu dengan evaluasi tahunan, evaluasi profitabilitas dan audit pemasaran. Implikasi komunikasi pemasaran terpadu dengan menghubungkan ketrampilan yang harus dimiliki sekolah untuk berdaya saing diantaranya kemampuan memperkokoh pasar, kemampuan menghubungkan dengan lingkungan sekitar, kemampuan terus-menerus meningkatkan kinerja, dan kemampuan menegakan posisi yang menguntungkan. Dengan demikian, SD Qoryah thayyibah dapat mengungguli para pesaing dalam pendidikan untuk menghadapi kondisi persaingan, yaitu keunggulan biaya (memberikan potongan harga disetiap periode gelombang PPDB), diferensiasi (pembelajaran berbasis Islami dengan menggunakan metode tilawah satu-satunya di Kecamatan Kedungbanteng), dan fokus (sekolah inklusi yang berprestasi berbasis Islam).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen komunikasi pemasaran terpadu, jasa pendidikan, daya saing sekolah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irmayani Azizah sdri
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:20
Last Modified: 12 Jun 2024 02:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24743

Actions (login required)

View Item View Item