Faridah, Ariyani (2023) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA KELAS IV DI SD NEGERI 5 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
There is a more recent version of this item available. |
|
Text
Faridah Ariyani_Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Kelas IV di SD Negeri 5 Gombong Kabupaten Kebumen.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum merdeka belajar sudah diterapkan di SD Negeri 5 Gombong sejak tahun 2022/2023 secara bertahap. Dalam penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Karena itu, Penelitian memiliki tujuan untuk : 1). Mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar kelas IV di SD Negeri 5 Gombong, 2). Mengetahui problematika dalam penerapan kurikulum merdeka belajar kelas IV SD Negeri 5 Gombong, 3). Mengetahui usaha yang dilakukan dalam mengatasi problematika terhadap penerapan kurikulum merdeka belajar kelas IV SD Negeri 5 Gombong. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskripsi kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama penerapan kurikulum merdeka di SD Negeri 5 Gombong Kelas IV menerapkan profil pelajar pancasila dengan pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis mata pelajaran, IPAS. Kedua, Problematika yang dihadapi menyususun perangkat pembelajaran seperti CP, TP, ATP, dan modul ajar, kesulitan menentukan strategi dan metode pembelajaran, terbatasnya buku siswa, materi ajar yang terlalu luas, menentukan proyek kelas yang sesuai dengan materi pembelajaran, menentukan asesmen yang cocok dengan materi. Ketiga, Upaya yang dilakukan guru dalam problematika pada penerapan kurikulum merdeka di kelas IV SD Negeri 5 Gombong dengan mengikuti pertemuan dengan KKG, mengikuti pelatihan, menulis materi dipapan tulis, siswa membuat catatan, melanjutkan proyek kelas dirumah, mencari informasi tentang asesmen dan mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Kata Kunci : Problematika, Penerapan, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Penerapan, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Faridah Ariyani sdri |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 02:40 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 02:40 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20504 |
Available Versions of this Item
- PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA KELAS IV DI SD NEGERI 5 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN. (deposited 24 Jul 2023 02:40) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |