PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA KELAS IV DI SD NEGERI 5 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN

Faridah, Ariyani (2023) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA KELAS IV DI SD NEGERI 5 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Faridah_Ariyani_Problematika_Penerapan_Kurikulum_Merdeka_pada_Kelas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka belajar sudah diterapkan di SD Negeri 5 Gombong sejak tahun 2022/2023 secara bertahap. Dalam penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Karena itu, Penelitian memiliki tujuan untuk : 1). Mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar kelas IV di SD Negeri 5 Gombong, 2). Mengetahui problematika dalam penerapan kurikulum merdeka belajar kelas IV SD Negeri 5 Gombong, 3). Mengetahui usaha yang dilakukan dalam mengatasi problematika terhadap penerapan kurikulum merdeka belajar kelas IV SD Negeri 5 Gombong. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskripsi kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama penerapan kurikulum merdeka di SD Negeri 5 Gombong Kelas IV menerapkan profil pelajar pancasila dengan pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis mata pelajaran, IPAS. Kedua, Problematika yang dihadapi menyususun perangkat pembelajaran seperti CP, TP, ATP, dan modul ajar, kesulitan menentukan strategi dan metode pembelajaran, terbatasnya buku siswa, materi ajar yang terlalu luas, menentukan proyek kelas yang sesuai dengan materi pembelajaran, menentukan asesmen yang cocok dengan materi. Ketiga, Upaya yang dilakukan guru dalam problematika pada penerapan kurikulum merdeka di kelas IV SD Negeri 5 Gombong dengan mengikuti pertemuan dengan KKG, mengikuti pelatihan, menulis materi dipapan tulis, siswa membuat catatan, melanjutkan proyek kelas dirumah, mencari informasi tentang asesmen dan mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Kata Kunci : Problematika, Penerapan, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Penerapan, Kurikulum Merdeka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Faridah Ariyani sdri
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:41
Last Modified: 06 Sep 2023 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21746

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item