Analisis SWOT Terhadap Kebijakan Penerapan Pendidikan Inklusif Di MTs Anwaarul Hidayah Karangnangka Kedungbanteng Banyumas

Himmam, Akbar Aulady (2023) Analisis SWOT Terhadap Kebijakan Penerapan Pendidikan Inklusif Di MTs Anwaarul Hidayah Karangnangka Kedungbanteng Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Himmam Akbar Aulady_Analisis SWOT Terhadap Kebijakan Penerapan Pendidikan Inklusif Di MTs Anwaarul Hidayah Karangnangka Kedungbanteng Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Negara Kesatuan Republik Indonesia ini terdiri dari beragam suku dan kebudayaan, serta heterogenitas yang kompleks dari tiap-tiap elemen masyarakatnya. Mengerucut pada kompleksitas pendidikan di republik, yang dalam hal ini adalah anak bangsa yang memiliki keterbatasan, memiliki kebutuhan khusus, atau lebih spesifik pada disabilitas tertentu dipandang perlu untuk menerapkan pendidikan inklusif pada tiap-tiap lembaga pendidikan yang memang sudah membutuhkan adanya kelas inklusif. Dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif sendiri, banyak hal yang harus dikaji lebih dalam sebagai bahan pertimbangan. Mengingat bahwa pendidikan inklusif memiliki nilai inklusifitas yang tidak semua orang, baik tenaga pendidik ataupun stakeholder yang ada pada sebuah lembaga pendidikan memahaminya secara komprehensif. Atas dasar itulah, mengkaji implementasi pendidikan inklusif pada sebuah lembaga pendidikan menggunakan metode analisis SWOT memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Pada penelitian ini, pendekatan yang digunakan yakni pendekatan penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di MTs Anwaarul Hidayah Karangnangka, Kedungbanteng, Banyumas, merujuk pada faktor-faktor yang telah diteliti mencakup kekuatan dan kelebihan (Strength), Kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancamannya (Threats), peneliti sampai pada kesimpulan bahwa kebijakan penerapan pendidikan inklusif di MTs Anwaarul Hidayah telah berhasil. Namun demikian, keberhasilannya belumlah maksimal, melihat pada keterbatasan ruang dan waktu serta indikator-indikator dari kelemahan yang dimiliki oleh MTs Anwaarul Hidayah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis SWOT, kebijakan, pendidikan inklusif, MTs Anwaarul Hidayah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Himmam Akbar Aulady
Date Deposited: 06 May 2023 01:53
Last Modified: 06 May 2023 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19316

Actions (login required)

View Item View Item