STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTO

Chamdanah, Rizqika Nur (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUSS.pdf

Download (719kB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Dalam dunia belajar mengajar, strategi merupakan suatu seni dan ilmu untuk membawakan pengajaran di kelas sedemikian rupa menarik, sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai secara efektif dan efisien. Belajar bahasa Arab yakni mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan yang mencangkup empat kecakapan bahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Language Development and Information of Darussalam (LDID) sebagai departemen yang mewadahi peserta didik untuk mengembangkan keempat kecakapan bahasa tersebut dalam berbahasa asing (bahasa Arab dan bahasa Inggris). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang strategi pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang strategi-strategi yang dilakukan oleh Language Development and Information of Darussalam (LDID) dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap belajar bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto. Penelitian ini menggunakan kualitatif. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini di antaranya adalah strategi yang dilakukan oleh Language Development and Information of Darussalam (LDID) dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto dengan Strategi Metakognitif, Strategi Afektif, Active Learning, Strategi Sosial, Strategi Kognitif, Pembelajaran Yang Berpusat Pada Peserta Didik, dan Pembelajaran Induksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 05 Nov 2019 09:57
Last Modified: 05 Nov 2019 09:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6391

Actions (login required)

View Item View Item