PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs AL-MASRURIYYAH BATURRADEN

Nur Rahmah, Wulandari (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs AL-MASRURIYYAH BATURRADEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUR RAHMAH WULANDARI_PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs AL-MASRURIYYAH BATURRADEN.pdf

Download (942kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Al-Masruriyyah Baturraden. Peneliti memilih model pembelajaran discovery learning berbasis multimedia interaktif untuk mengatasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi dan apakah terdapat pengaruh discovery learning berbasis multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh kelas VII yang berjumlah 60 siswa, dengan sampel 19 siswa kelas VII A, dan 21 siswa kelas VII C. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil uji t terhadap post test diperoleh nilai 0,001 < 0,05, maka H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara model discovery learning berbasis multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Multimedia Interaktif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Multimedia Interaktif
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Rahmah Wulandari
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:50
Last Modified: 16 Jul 2024 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26284

Actions (login required)

View Item View Item