HUBUNGAN PEMBIASAAN BUDAYA ISLAMI DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DENGAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS 6 MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS

Siti, Bariyah (2021) HUBUNGAN PEMBIASAAN BUDAYA ISLAMI DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DENGAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS 6 MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Siti Khusnul Bariyah_Hubungan Pembiasaan Budaya Islami dan Kedisiplinan Beribadah dengan Kepribadian Siswa Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perilaku anak sangat menjadi perhatian. Bagaimana ketika mereka dewasa nanti, tergantung pembentukan ketika masih anak-anak. Kepribadian seorang anak agar menjadi pribadi yang baik, harus diajari dengan hal-hal yang baik pula. Agar tertanam pada diri, maka harus dilakukan berulang-ulang. Pembiasaan budaya islami dan kedisiplinan beribadah merupakan salah satu faktor yang dapat membentuk pribadi yang beriman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan pembiasaan budaya islami dengan kepribadian siswa, hubungan kedisiplinan beribadah dengan kepribadian siswa, serta hubungan pembiasaan budaya islami dan kedisiplinan siswa secara bersama-sama terhadap kepribadian siswa kelas 6 MIN 1 Banyumas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen, populasi adalah seluruh siswa kelas 6 MIN 1 Banyumas dengan jumlah 119 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda. Hasil penelitian hubungan pembiasaan budaya islami dengan kepribadian siswa dalam kategori baik dan signifikan, kedisiplinan beribadah dengan kepribadian siswa dalam kategori baik dan signifikan, pembiasaan budaya islami dan kedisiplinan beribadah dengan kepribadian siswa juga menghasilkan kategori baik dan signifikan. Dengan analisa regresi sederhana diketahui terdapat hubungan yang positif dan signifikan pembiasaan budaya islami dengan kepribadian siswa sebesar 55,2%, kedisiplinan beribadah dengan kepribadian siswa juga berhubungan positif dan signifikan sebesar 34,4%. Hasil analisis berganda menunjukkan adanya hubungan bersama-sama secara positif dan signifikan antara pembiasaan budaya islami dan kedisiplinan beribadah dengan kepribadian siswa sebesar 56,1%. Berdasarkan penelitian ini, disarankan asrama membuat buku harian siswa agar setiap kegiatan siswa terprogram dan terencana sehingga pembiasaan dan kedisiplinan akan maksimal yang menjadikan kepribadian siswa menjadi semakin baik. Kata Kunci : Pembiasaan Budaya Islami, Kedisiplinan Beribadah, Kepribadian Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Budaya Islami, Kedisiplinan Beribadah, Kepribadian Siswa
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3205 Disiplin Sekolah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siti Khusnul Bariyah
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:52
Last Modified: 26 Feb 2021 03:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9839

Actions (login required)

View Item View Item