PUJI, URIPIN (2021) MODEL PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMP ISLAM ANDALUSIA KEBASEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Puwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
PUJI URIPIN_MODEL PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMP ISLAM ANDALUSIA KEBASEN BANYUMAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pemasaran jasa pendidikan menjadi kegiatan penting bagi sekolah yang baru berdiri maupun yang sudah lama berdiri untuk memperkenalkan dan memasarkan produk jasanya, mempertahankan eksistensi dan mengembangkan sekolah. SMP Islam Andalusia Kebasen Banyumas merupakan sekolah menengah pertama yang menyatu dengan yayasan Pondok Pesantren At Taujieh Al Islamiy. Dengan sistem The Real Boarding School yang diterapkan, SMP Islam Andalusia banyak mencetak prestasi, sehingga menarik untuk meneliti model pemasaran jasa pendidikan yang digunakan SMP Islam Andalusia Kebasen Banyumas. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan dan menganalisis model pemasaran jasa pendidikan yang digunakan di SMP Islam Andalusia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif atau field research. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitiannya yaitu model pemasaran jasa pendidikan di SMP Islam Andalusia Kebasen Banyumas menggunakan model bauran pemasaran (Marketing Mix). Model bauran pemasaran terdiri dari: Program (program); program jasa pendidikan baik pendidikan umum sekaligus pendidikan agama dan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris aktif. Price (harga); pembiayaan yang terjangkau dan sebanding dengan produk/ layanan yang didapat peserta didik. Place (tempat); strategis, nyaman dan mudah dijangkau. Promotion (promosi); kegiatan promosi dilakukan melalui media cetak, elektronik, maupun kegiatan-kegiatan lain. Process (proses); proses pembelajaran full day learning. Physical evidence (bukti fisik); sarana dan prasarana yang representatif, lengkap dan nyaman. People (orang); sosok ulama KH. Zuhrul Anam Hisyam dan kepala sekolah terbaik dan favorit, Drs. H. Dayono, M.M menjadi magnet bagi masyarakat untuk mempercayakan pendidikan putra-putrinya di SMP Islam Andalusia. Kata Kunci: Pemasaran, Jasa Pendidikan, SMP Islam Andalusia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pemasaran Jasa Pendidikan |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | PUJI URIPIN sdr |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 03:48 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 03:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9837 |
Actions (login required)
View Item |