Rony, Nur Hidayat (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MENULIS AKSARA JAWA DENGAN MEDIA FLASHCARD KELAS III DI MI MAARIF NU DAWUHAN KULON KECAMATAN KEDUNGBANTENG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (602kB) | Preview |
|
Text
RONY NUR HIDAYAT_PENINGKATAN HASIL BELAJAR.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Materi huruf jawa merupakan salah satu materi yang kurang diminati siswa, bahkan dalam proses pembelajaran bahasa jawa ada siswa yang merasa takut, atau pun ngantuk, sehingga proses belajar tidakkondusif. Hal tersebut membuat tujuan pembelajaran tidaktidak tercapai dengan indikasi rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan tersebutmenimpa sebagian besar siswa siswi kelas III MI Maarif NU Dawuhan Kulon. Media flashcard merupakansalahsatu alternative untuk mengatasi masalah tersebut. Pemilihan media flashcard dalampembelajaran huruf jawa ini tidak lepas dari fungsi media yang dapat digunakan dengan pendekatan yang menyenangkan, serta memungkinkannya dilakukan di MI Maarif NU DawuhanKulon. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanketrampilanmenulisaksarajawapadasiswakelas III di MI Maarif NU DawuhanKulonKecamatanKedungbantengdenganFlascard. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitumerupakansuatuupaya peningkatan terhadap ketrampilan menulis aksara jawa pada siswa kelas III di MI Maarif NU DawuhanKulon. Penelitian ini bersifat kolaboratif, dalam halini pihak yang melakukantindakanadalah guru kelas III, sedangkan peneliti sebagai kolaborator. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan empat metodeyaitu: metode observasi, metodewawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan metode analisis statistic deskriptif, dan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dalampembelajaranaksara jawa dapatmeningkatkanketrampilanmenulisaksarajawapadakelas III di MI Maarif NU DawuhanKulon.Buktisecarakualitatifdapatdiketahuidarisuasanakelas yang menjadilebihaktifdansemangatdalammengikutipembelajaranbahasajawamenggunakan media flashcard.Sedangkanbuktikuantutatifdapatdilihatdarihasiltesbelajarsiswa yang mengalamipeningkatanpadasetiapsiklusnya.Padaprasikluspresetasinyayaitu 43,75%, kemudianmeningkatpadasiklus I menjadi 68,75%, selanjutnyapadasiklus II jugameningkatmenjadi 93,75%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, ketrampilan menulis, huruf jawa, media flascard |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 04:16 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 04:16 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/951 |
Actions (login required)
View Item |