KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 PURBALINGGA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGGA

NURUL HIKMAH, NIM. 1223305085 (2016) KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 PURBALINGGA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NURUL HIKMAH (KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 PURBALINGGA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGGA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan bagian dari sistem pendidikan yang sangat penting dan berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Selain bertugas mengajar guru juga harus mempunyai kemampuan komunikasi sosial, baik dengan peserta didik, sesama guru, kepala madrasah, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik dan masyarakat disekitar lingkungannya. Hal ini sangatlah penting, karena dalam kehidupannya guru berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya. Oleh karena itu, guru penting untuk melaksanakan kompetensi sosial dalam meningkatkan hubungannya dengan warga madrasah, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kompetensi Sosial Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purbalingga Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purbalingga Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, peserta didik dan masyarakat sekitar. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi sosial guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purbalingga Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga telah memenuhi kompetensi inti dari penjabaran kompetensi sosial guru dengan baik sesuai dengan standar kompetensi sosial dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru yaitu: Guru bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi. Guru Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat. Guru Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya. Guru Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial Guru, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purbalingga
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 24 Aug 2016 03:35
Last Modified: 24 Aug 2016 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item View Item