RisnaAnjarwati, 1522406077 (2020) “PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK IT QUANTUM MULIA KROYA KABUPATEN CILACAP”. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
RISNA ANJARWATI_PENGEMBANGAN KETERAMPILAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Keterampilanmembacaharusdimilikiolehsetiapindividu yang dapat di stimulasisejakusiadini. Untukituperan guru dan orang tuauntukmengembangkanketerampilanmembacasangatdibutuhkan.Pengembanganketeramilanmembacapadaanakusiadiniadalahpengembangankemampuanataukecakapananakdalammembacahurufdansimbol – simbolsebagaisalahsatukemampuandasar, sesuaidengantahapusiadankarakteristikperkembangannya. Setiapanakdenganusia yang samaakanmemilikiperkembanganketerampilanmembaca yang berbedadisebabkanolehfaktorpendukungdanpenghambat yang berbeda. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpelaksanaanstrategipengembanganketerampilanmembacapadaanakusia 5 – 6 tahun di TK IT Quantum MuliaKroyaKabupatenCilacapsesuaidengantahapanperkembangananakmenurutPermendikbud no. 137 tahun 2014 tentangstandarnasionalpendidikananakusiadinimengenaitingkatpencapaianperkembanganbahasaanakusia 5 – 6 tahun, meliputimemahamibahasa, mengungkapkanbahasadankeaksaraan. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Subjekdalampenelitianiniadalahpesertadidikusia 5 – 6 tahunkhususnyakelas B1, denganberbagai stimulus yang disajikanolehpendidikdan orang tua, berupakegiatanmembacabukuberjilid, mendongeng, sudutbacadansebagainya, gunamenambahpembendaharaan kata danmeningkatkanketerampilanmembacaanak. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikwawancara, teknikobservasidanteknikdokumentasi.Instrumenpenelitian yang digunakanyaitupedomanobservasiperkembanganketerampialanmembacapadabukuprestasianak, pedomanobservasipembelajarandanpedomanobservasiwawancarakepalasekolah, guru danwalimurid.Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisismeliputireduksi data, penyajian data, sertapenarikankesimpulandanverifikasi.Pengujiankeabsahan data dilakukandengantrianggulasiteknikdansumber. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganberbagaistrategi yang dilakukansetiapharigunamengembangkanketerampilanmembacapadaanakusia 5 – 6 tahundenganmetode stimulus responoleh orang tuadan guru sudahcukupbaik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PengembanganKeterampilanMembaca, AnakUsia 5 – 6 Tahun |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 07:02 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 07:02 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7460 |
Actions (login required)
View Item |