MARSINAH, NIM : 1323206002 (2016) STRATEGI MARKETING PEMBIAYAAN GRIYA BSM DALAM UPAYA PENCAPAIAN TARGET DI PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG TEGAL. Diploma thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Marsinah_STRATEGI MARKETING PEMBIAYAAN GRIYA BSM DALAM UPAYA PENCAPAIAN TARGET DI PT. BANK SYARIA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam kegiatan ekonomi persaingan adalah hal yang kerap digunakn untuk mengetahui bagaimana pembentukan strategi pemasaran untuk menetapkan strategi marketing oleh suatu perusahaan. Strategi adalah langkah-langkah atau rencana yang harus dijalankan untuk mencapai tujuan sedangkan marketing adalah pemasaran, jadi strategi pemasaran bank adalah langkah-langkah yang harus ditempuh dalam memasarkan produk atau jasa perbankan yang ditujukan pada peningkatan penjualan. Seperti yang dilakukan oleh PT. Bank Sayariah Mandiri KC. Tegal, dalam upayanya untuk mencapai target Pembiayaan Griya BSM Bank Syariah Mandiri KC. Tegal menerapkan berbagai strategi agar dap memenangkan pasar dalam persaingan antar perbankan yang ada di Kota Tegal. Strategi door to door merupakan salah satu strategi yang paling efektif yang digunakan oleh para pelaksana marketing Pembiayaan Griya BSM di KC. Tegal, selaian itu strategi marketing yang digunakan oleh BSM KC. Tegal adalah strategi marketing mix, dengan diterapkannya kedua strategi tersebut sehingga produk pembiayaan Griya BSM memiliki pemasaran yang baik dan mampu bersaing dengan produk KPR perbabankan konvensional maupun PPR sesama bank syariah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi marketing mix dalam upaya pencapaian target pada produk pembiayaan Griya BSM di Bank Syariah Mandiri KC. Tegal. Jenis penelitian dalam penulisan penelitian adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Bank Syariah Mandiri KC. Tegal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bank Syariah Mandiri KC. Tegal dalam menghadapi persaingan anatar perbankan yang ada di Kota Tegal dilakukan dengan menerapkan strategi door to door dan strategi marketing mix yaitu dengan cara bauran pemasaran yang terdiri dari empat komponen, yaitu : product, price, place, dan promotion. Kata Kunci : Strategi, Marketing mix, Pembiayaan Griya BSM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | Restu Umar Fauzi |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 07:46 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 07:46 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/727 |
Actions (login required)
View Item |