LUSI ARIYANTI, 1522405061 (2020) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRKURIKULER DI MI MODERN SATU ATAP AL AZHARY. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LUSI ARIYANTI_UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukanolehpenulisadalahUpayaPembentukanKarakterDisiplinSiswaMelaluiKegiatanEkstrakurikuler.Sejak 2010 KementerianPendidikanNasionalmencanangkanpenerapanpendidikankarakterbagisemuatingkatpendidikan, baiksekolahdasarhinggaperguruantinggikarenaselamainipendidikangagaldalamaspekkarakter, dimanasekolahlebihmengedepankanprestasiakademisdanmelupakanpendidikankarakter.Pembentukan karakter peserta didik dapat dilakukan dimana saja baik dalam proses belajar mengajar maupun kegiatan pendidikan diluar mata pelajaran. Dalampenelitianinipenulismenelitipembentukankarakterdisiplinpada proses kegiatanpendidikandiluarmatapelajaranyaitupadakegiatanekstrakurikuler. Rumusanmasalahpenelitianiniyaitu“Bagaimanaupayapembentukankarakterdisiplinsiswamelaluikegiatanekstrakurikuler di MI Modern SatuAtap Al Azhary?” tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiinformasidanwawasanlebihluastentangupayapemebentukankarakterdisiplinsiswamelaluikegiatanekstrakurikuler di MI Modern SatuAtap Al Azhary. Jenispenelitianmenggunakanpenelitiandeskriptifkualitatifdenganlokasipenelitian di MI Modern SatuAtap Al Azhary.Subjekpenelitianiniadalahkepalasekolah, pembinaekstrakurikuler, siswa.pengumpulan data dalampenelitianyaitudenganmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Sedangkanteknikanalisis data menggunakanteknikanalisis data Miles danHuberman yang terdiridarireduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitiantentangupayapembentukankarakterdisiplinsiswamelaluikegiatanekstrakurikuleryaituberjalandengancukupbaik, melaluipembiasaansepertimematuhitatatertib, contohdanteladansepertiperilakupositif yang dilakukanoleh guru atautemansatusamalain, penyadaransepertimemberikanpemahamanperilaku yang baikdantidakbaik, pengawasanatau control yang dilakukanoleh guru danpelatihekstrakurikuler.Adapunkegiatanekstrakurikulerpramuka, karate, pidacil, hadroh, qiro’ah.Dalamekstrakurikulertersebutterdapatkarakterdisiplin yang ditanamkansepertidisiplinterhadapwaktu, disiplindalamaturandandisiplindalamberpakaian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PembentukanKarakter, Disiplin, KegiatanEkstrakurikuler. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 02:54 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 02:54 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7072 |
Actions (login required)
View Item |