Iriani Isnaeni, 082331069 (2012) PENDIDIKAN AKHLAK DI TK DIPONEGORO 125 ARCAWINANGUN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
IRIANI ISNAENI_PENDIDIKAN AKHLAK.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
Abstract
Pendidikanakhlakanakmerupakanusahasecarasadaratau proses perubahandanperkembangandalamrangkamembimbinganakdidikterhadapperubahandanperkembanganjasmanidanrohaninyadenganmenanamkanakhlakdariusiaanak-anak. Pendidikanakhlaksangatpentinguntukdiajarkankepadaanak-anaksejakusiaprasekolah. Denganadanyapendidikanakhlak, anakakantumbuhdanberkembangmenjadipribadi yang positif, kuat, tangguh, beriman, bertakwadanberakhlakulkarimah. Padadasarnyaanak-anakmerupakanpenerusbangsa yang akanmenjadikanbangsaitumenjadibangsa yang baikatauburuk. Olehkarenaitu, Pendidikanakhlakharusdiajarkankepadaanaksejakusiadinisebagaibekalmerekadalamkehidupansehari-hari yang kelakakanmembanggakandirinya, keluargadanmasyarakat. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuai proses pendidikanakhlak di TK Diponegoro 125 Arcawinangun. Metodepengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeobservasi, metodewawancaradanmetodedokumentasi.Analisisdatanyadisajiakndalambentukanalisiskualitatifflow model analisisatauanalisis data interaktifdari Milles danHuberman.Variabeldalampenelitianiniadalahpendidikanakhlakanakprasekolah. Pembelajarandisesuaikandengankarekteristik yang dimilikiolehanakusiaprasekolah. Pembelajaranuntukanakprasekolahharusberkonsepbermainsambilbelajar, karenasetiapanakadalahpembelajar yang aktif.Belajarbagianakadalahsegalasesuatu yang dikerjakannyaketikaiabermain. Dari analisis yang penulislakukanterhadappendidikanakhlakanak di TK Diponegoro 125 Arcawinangun yang meliputimateri, pelaksanaan, metodedanevaluasi.Makadapatditarikkesimpulanbahwapendidikanakhlakanak di TK Diponegoro 125 Arcawinangunsudahcukupbaik. Hal inidapatdikatakancukupbaikkarenamelihatseluruh proses pembelajaransudahsesuaidenganstandarpembelajaranbagianakusiaprasekolahmulaidarimateri, metodedanevaluasipembelajaran yang digunakan. Serta adanyasaranadanprasaran yang mendukung proses pembelajaranpendidikanakhlak.. Kata kunci :Pendidikanakhlak,anakprasekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 07:47 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:47 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/676 |
Actions (login required)
View Item |