PENGEMBANGAN MODUL LEMBAR KERJA ILMIAH SISWA SEBAGAI PANDUAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINSIPA PADA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL

RIZKI ANDRIANI, 1423305166 (2019) PENGEMBANGAN MODUL LEMBAR KERJA ILMIAH SISWA SEBAGAI PANDUAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINSIPA PADA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
RIZKI ANDRIANI _PENGEMBANGAN MODUL LEMBAR KERJA ILMIAH SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berangkat dari fakta bahwa buku-buku pelajaran hanya berorientasi pada paparan materi, sementara buku-buku yang didalamnya mengandung langkah-langkah khusus yang mengantarkan guru dan siswa untuk melaksanakan pembelajaran dengan keterampilan proses jarang sekali ditemukan.Dari sini perlu adanya model pembelajaran yang membuat modul sebagai bahan ajar tambahan siswa dalam proses pembelajaran materi ipa menggunakan pendekatan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tahapan validasi dan hasil akhir pengembangan modul lembar kerja ilmiah siswa sebagai panduan dalam pembelajaran siswa berbasis keterampilan proses sains pada IPA kelas VI di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul. Penelitian dengan judul Pengembangan Modul Lembar Kerja Ilmiah Siswa Sebagai Panduan dalam Kegiatan Pembelajaran Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains IPA Pada Kelas VI di MI MuhammadiayhKaranglewas Kidulini menggunakan penelitian pengembangan atau yang biasa disebut Research and Development/R&D dengan pendekatan Dick and Carry menggunakan istilah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dan Development Research, yang dapat diterjemahkan menjadi penelitian pengembangan. Hasil pengembangan modul lembar kerja ilmiah siswa sebagai panduan dalam pembelajaran siswa berbasis keterampilan proses sains IPA pada kelas VI di MI Muhammadiyah karanglewas Kidul merupakan wujud yang dilaksanakan untuk mengembangkan kemampuan anak berbasis keterampilan proses sains menggunakan dasar 5M (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengomunikasikan). Penelitian ini juga menghasilkan produk berupa modul yang digunakan sebagai panduan dalam proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan keterampilan proses sains. Anak didik cenderung lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga menjadikan anak berkembang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Ilmiah Siswa, Pendekatan Keterampilan Proses Sains,Pembelajaran IPA
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Dec 2019 03:08
Last Modified: 06 Dec 2019 03:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6730

Actions (login required)

View Item View Item