Ahmad Khoirul Fuadi, 1423301079 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN METODE YANBU’A DI TPQ AL-FATTAH DESA KEDUNGWERU KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER _ BAB I _BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI FULL FUAD.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Baca tulis Al-Qur’an adalah melafalkan dan menulis ayat Al-Qur’an dengan mengetahui aturan-aturan yang telah ditetapkan seperti makharijul huruf, panjang pendek, kaidah tajwid dan ghorib (bacaan yang tidak wajar) sehingga tidak terjadi perubahan makna. Metode Yanbu’a merupakan salah satu cara untuk mendidik anak dalam proses belajar membaca dan menulis Al-Qur’an. Penggunaan Metode Yanbu’a diharapkan mampu mendidik anak untuk bisa membaca dan menulis Al-Qur’an sesuai aturan-aturan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara jelas dan mendalam tentang implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di TPQ Al-Fattah Kedungweru. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapanganyang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitianyang diperoleh penulis menunjukan bahwaimplementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di TPQ Al-Fattah Desa Kedungweru terbukti dapat meningkatkan kempampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Baca Tulis Al-Qur’an, Yanbu’a |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 02:34 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 02:34 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6647 |
Actions (login required)
View Item |