Umiyati, Umiyati (2019) POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI DESA SEKECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
UMIYATI_POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI DESA SEKECAMATAN KARANGLEWAS KABUPA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pola asuh keluarga orang tua tunggal dalam pendidikan Islam yaitu orang tua yang mengasuh dan mendidik anaknya seorang diri, baik Ayah ataupun Ibu yang ditinggal mati pasangannya maupun dicerai. Orang tua tunggal ini yang menjadi pokok dalam penelitian proposal tesis ini. Dimana peneliti mengamati dan ikut serta dalam beberapa kegiatan yang dilakukan oleh orang tua tunggal dalam mendidik anak. Penelitian ini mengambil tempat lokasi di desa Sekecamatan Karanglewas kabupaten Banyumas. Peneliti memilih desa Pasir di karenakan Pasir merupakan lingkungan yang di kelilingi oleh banyak Madrasah Diniyah, TPQ dan Pondok Pesantren. Lingkungan yang memadai untuk pendidikan agama anak, namun lembaga-lembaga tersebut tidak akan mempengaruhi perkembangan pendidikan anak jika pendidikan keagamaan anak di rumah tidak di terapkan oleh orang tua. Oleh karena itu, peneliti fokus tentang bagaimana pola asuh orang tua tunggal dalam pendidikan Islam di desa Sekecamatan Karanglewas kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif serta pendekatan studi kasus. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi sumber data. Sementara proses analisis dilakukan dengan menggabungkan hasil data yang dikumpulkan dari berbagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan pola asuh orang tua tunggal dalam pendidikan Islam di desa Pasir Lor, Pasir Kulon dan Pasir Wetan cenderung seorang ayah mengasuh dan mendidik anaknya menggunakan pola asuh otoriter, seorang ibu cenderung menggunakan pola asuh demokratis, serta ada sebagian yang menggunakan pola asuh permisif. Dari ketiga pola asuh tersebut menghasilkan karakter kepribadian anak yang berbeda-beda. Pola asuh demoktratis menghasilkan anak yang tinggi prestasinya dari pada pola asuh permisif. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan pendidikan anak yaitu: proses kematangan (kognitif), faktor belajar, dan faktor bawaan atau bakat. Adapun faktor yang mempengaruhi pola asuh dalam pendidikan Islam anak yaitu usia orang tua, keterlibatan orang tua, pendidikan orang tua dan ekonomi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Orang Tua Tunggal, Pendidikan Islam |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 01:49 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 01:49 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6564 |
Actions (login required)
View Item |