Ghisti Ratna, Khoerunnisa (2019) IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS II DI MI MA’ARIF NU KARANGREJA 2 KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text
GHISTI RATNA KHOERUNNISA_IMPLEMENTASI METODE.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Role Playing dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas II di MI Ma’arif NU Karangreja 2 Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengimplementasikan metode Role Playing dalam pembelajaran tematik ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan, seperti: 1) pemanasan; di sini guru menjelaskan bahwa materi yang akan disampaikan penting untuk dipelajari dan dipahami. Guru juga menggambarkan permasalahan dengan cara membacakan cerita yang akan digunakan untuk bermain peran. 2) memilih peran; guru menunjuk peserta didik yang cocoj untuk memerankan peran dalam cerita. 3) menata panggung; guru mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan dalam bermain peran, seperti kostum, aksesoris, serta merubah kelas menjadi tempat yang sesuai dengan cerita. 4) memilih peserta didik sebagai pengamat; dalam hal ini guru memilih peserta didik yang dianggap mampu memberikan penilaian kepada temannya, biasanya yang dijadikan sebagai pengamat adalah peserta didik yang dianggap memiliki kelebihan di banding teman-temannya. 5) melaksanakan Role Playing 6) evaluasi; evaluasi dilakukan untuk menilai apakah dalam bermain peran peserta didik sudah maksimal atau belum. 6) bermain ulang; dilakukan apabila dalam bermain peran yang pertama belum maksimal dan mencapai tujuan, 7) evaluasi kedua; dilakukan apabila dalam pembelajaran melakukan bermain ulang. Dan yang terakhir 8) penarikan kesimpulan tentang bermain peran yang sudah dilakukan agar peserta didik lebih memahami materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role Playing Method, Thematic Learning |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdr Endah Kusumanigrum |
Date Deposited: | 20 Jul 2019 06:14 |
Last Modified: | 20 Jul 2019 06:14 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5534 |
Actions (login required)
View Item |