PROFESIONALISASI KEPALA TAMAN KANAK-KANAK DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI TK MASYITHOH 25 SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

RETNO LISTIYA DEWI, NIM. 1423311029 (2019) PROFESIONALISASI KEPALA TAMAN KANAK-KANAK DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI TK MASYITHOH 25 SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
RETNO LISTYA DEWI_PROFESIONALISASI KEPALA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisasi kepala taman kanak-kanak dalam penyelenggaraan pendidikan yang meliputi kompetensi kepala PAUD sekaligus upgrade kompetensi kepala PAUD. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di TK Masyithoh 25 Sokaraja tahun 2018. Subjek penelitian meliputi: kepala sekolah, sedang informan penelitian meliputi: guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode: pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: dalam kepemimpinannya kepala TK Masyithoh 25 Sokaraja senantiasa mencerminkan 5 kompetensi kepala PAUD diantaranya: (1) kompetensi kepribadian: senatiasa memberikan teladan yang baik pada guru dan murid, membudayakan kegiatan religius bagi para guru dan murid dengan kegiatan pekan muharrom dan pekan maulid nabi, memiliki pemikiran yang visioner, selalu menggunakan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan, selalu belajar dari situasi dan kondisi yang ada, senantiasa terbuka dengan guru dalam hal apapun, memiliki semangat yang tinggi dalam mempimpin. (2) kompetensi manajerial: selalu memperhatikan kebutuhan masyarakat dalam perencanaan pengembangan lembaga, menjadi fasilitator ketika rapat yang dilakukan 1 bulan sekali dan mengutamakan pendapat para guru dalam penentuan pembuatan program, selalu berusaha menciptakan iklim lembaga yang menyenangkan bagi anak dan para guru, berfikiran positif atas segala tantangan yang ada, senantiasa mengikutsertakan para guru dalam kegiatan keguruan untuk mendapatkan pengetahuan baru, mengelola ketersediaan sarana dan prasarana, selalu menjalin kerja sana dengan masyarakat dan wali murid dalam rangka penarikan dukungan ide, dan sumber belajar, memberikan gagasan baru untuk program pendidikan, ikut serta dalam pengelolaan keuangan dan tatausaha, serta mampu memanfaatkan kemajuan tekologi. (3) kompetensi kewirausahaan: memiliki jiwa wirausaha dalam bentuk pendidikan dengan mengadakan kegiatan pembuatan telor asin bagi guru dan murid, pembuatan buku saku, dan pengadaan perpustakaan dalam hal literasi untuk guru, murid, dan wali murid. Melalukan inovasi program pembelajaran agar berbeda dari TK lainnya, selalu memotivasi para guru untuk senantiasa berkreasi, mendayagunakan potensi para wali murid dengan menggunakan jasa para wali murid dalam setiap kegiatan di TK Masyithoh 25 Sokaraja. (4) kompetensi supervisi: mengadakan pengawasan bagi para guru untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tugas yang sudah diamanahkan, serta untuk meminimalisir terjadinya kesalahan secara berulang-ulang, pengawasan dilakukan setiap 1 bulan sekali oleh kepala TK pengurus muslimat dan UPK setempat. Hasil pengawasan berupa catatan merah akan dijadikan bahan evaluasi ketika diadakan rapat bersama, dan akan dicarikan solusinya secara bersama. (5) kompetensi sosial: mampu menjalin hubungan yang baik dengan para guru, murid dan masyarakat sekitar, berusaha menambah relasi dengan bekerja sama dalam bidang pendidikan, mengadakan kegiatan sosial untuk mempererat hubungan kekeluargaan, senantiasa menunjukan sikap simpati dan empati kepada guru dan murid. Memperhatikan lingkungan sekitar dengan menjaga kebersihan dan ketentraman lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: profesionalisasi, kepala sekolah, penyelenggaraan pendidikan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 20 Feb 2019 00:38
Last Modified: 20 Feb 2019 00:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5306

Actions (login required)

View Item View Item