PENERAPAN METODE MATHMAGIC PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI MUHAMMADIYAH BUNTU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Aan Saeful Islam, 1323310024 (2018) PENERAPAN METODE MATHMAGIC PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI MUHAMMADIYAH BUNTU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AAN SAEFUL ISLAM_PENERAPAN METODE MATHMAGIC PADA MATA PELAJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan penulis akan metode mathmagic yang digunakan dalam mata pelajaran matematika. Mata pelajaran matematika yang dianggap sebagai mata pelajaran yang penting dan susah bagi siswa, memerlukan metode yang sesuai guna meningkatkan efektivitas operasi hitung, dan mampu memberikan motivasi lebih kepada siswa untuk belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah : Bagaimana penggunaan metode mathmagic dalam pembelajaran matematika di MI Muhammadiyah Buntu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2017/2018 ?. adapun tujuan dari penelitian ini adalah : mengetahui penggunaan metode mathmagic pada mata pelajaran matematika yang dilakukan oleh guru MI Muhammadiyah Buntu. Metode Mathmagic merupakan salah satu inovasi dari metode pembelajaran untuk mata pelajaran matematika. Metode ini selain mengutamakan kecepatan dalam menjawab persoalan matematika, juga mementingkan kebenaran dan logika atas jawaban yang diberikan siswa. Yang prinsipnya adalah setiap persoalan matematika akan diselesaikan dengan strategi yang paling sesuai Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di MI Muhammadiyah Buntu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian penerapan metode mathmagic pada mata pelajaran matematika menunjukan adanya penerapan yang baik dan efektif atas 3 strategi utama yang digunakan, yaitu : perkalian silang, perkalian komplementer dan kotak perkalian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Mathmagic, Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Nov 2018 01:41
Last Modified: 08 Nov 2018 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4724

Actions (login required)

View Item View Item