ASA SEPTARINI, 1423301127 (2018) RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MUSLIM DI SMP SANTO BORROMEUS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
ASA SEPTARINI_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text
ASA SEPTARINI_RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MUSLIM DI SMP SANTO BORROMEUS PURBALINGGA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Religiusitasdiwujudkandalamberbagaisisikehidupanmanusia.Aktivitaskeberagamaanbukanhanyaterjadiketikaseseorangmelakukanperilaku ritual (beribadahkhusus) sajatetapijugaketikamelakukanaktivitaskehidupanlainnya.Religiusitastidakhanyaberkaitandenganaktivitas yang dapatdilihatmata, tetapijugaaktivitas yang tidaktampakdanterjadi di dalamhatisanubariseseorang. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif yang berlokasi di SMP Santo BorromeusPurbalingga yang digunakanuntukmenelitireligiusitaspesertadidikmuslimsecaramendalamsesuaidenganapa yang dipahamidandirasakanolehsubjekpenelitian yang bersangkutan. Pengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Data yang diperolehkemudiandianalisissecaradeskriptif-analitis, artinyahasilanalisisberupapemaparangambaransituasi yang ditelitidalambentuknaratif.Analisa data dilakukandenganmenggunakanpolainduktif, yaitu: reduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwareligiusitaspesertadidikmuslim di SMP Santo BorromeusPurbalinggadilihatdaridimensiReligious Belief, Religious Practice, Religious Feeling, Religious Knowledge, danReligious Effect masihkurangbaik. Upaya yang dilakukanpihaksekolahuntukmeningkatkanreligiusitaspesertadidikmuslim di antaranya: memberitoleransiberibadah, memberinasehat, memberiteladan, dankegiatanBinaIman. Terdapatduafaktor yang mempengaruhireligiusitaspesertadidikmuslim di SMP Santo BorromeusPurbalingga, yaitu: faktorpendukungdanfaktorpenghambat. Faktorpendukungterdiridari: kebijakanpemerintah yang memberikanaturantentangpendidikantoleransiberibadah, kebijakansekolah yang memberikantoleransiberibadah, danterwujudnyakerjasama yang baikantarwargasekolah. Faktorpenghambatterdiridari: tingkatkemampuanataukematanganemosionalpesertadidik yang tidaksama, tidakdisediakannyaruangataufasilitasberibadahbagipesertadidikmuslim, keterbatasanwaktudalampembelajaranyaitutidakadamatapelajaranPendidikan Agama Islam (PAI) danketerbatasanwaktudalamkegiatanBinaIman, kurangnyapengawasanorangtuasaat di rumah, dankurangyakesadarandalamdirimasing-masingpesertadidikmuslimuntukmeningkatkanreligiusitasnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | religiusitasdanpesertadidikmuslim. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 06 Nov 2018 02:31 |
Last Modified: | 06 Nov 2018 02:31 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4695 |
Actions (login required)
View Item |