Irfan Setiadi, NIM. 1522606014 (2018) KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
IRFAN SETIADI_KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL IHYA ULUMADDIN KESUG.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang Islami dan merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Pada awal didirikannya, pesantren tidak semata-mata ditujukan untuk memperkaya pikiran santri, tetapi juga untuk meninggikan moral (akhlak), melatih mempertinggi semangat, menghargai nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan, mengajarkan tingkah laku yang jujur dan bermoral dan mempersiapkan para santri untuk hidup sederhana serta bersih hati. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang berfungsi mentransmisikan dan mewariskan tata nilai kepada santrinya tidak dapat lepas dari unsur pengajaran kitab kuning. Terlebih, pengajaran kitab kuning merupakan salah satu komponen utama pesantren untuk melahirkan lulusan yang tafaqquh fī ad-dīn. Pengajaran kitab kuning merupakan salah satu faktor dari pengembangan ajaran Islam. Karena dapat diperhatikan secara akurat bahwa ajaran-ajaran dalam Islam ditulis dalam kitab kuning. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pembelajaran kitab kuning dan karaktersitik pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yang memadukan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengasuh, kyai bidang akademik, biro pendidikan, ketua madrasah diniyah, ustaẓ, dan santri. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) strategi pembelajaran kitab kuning yang digunakan adalah bandongan, sorogan, hafalan, klasikal dan majlis ta’lim. Bidang studi yang diajarkan di pesantren ini meliputi beberapa aspek ilmu-ilmu keislaman seperti ushul fikih, nahwu, fikih, tauhid, akhlak/tasawuf, dan hadits. 2) Karakteristik pembelajaran kitab kuning pada semua strategi pembelajaran tersebut di atas, ada prinsip yang melekat yaitu prinsip tabarruk.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakteristik, pembelajaran, kitab kuning |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 07:08 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 07:08 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4465 |
Actions (login required)
View Item |