ROZALINA, NIM.1423301114 (2018) PENERAPAN METODE YANBU’A PADA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTs AL-HIDAYAH PURWASABA KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
ROZALINA_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ROZALINA_PENERAPAN METODE YANBU'A PADA PEMBELAJARAN BACATULIS AL-QUR'AN DI MTs AL-HIDAYAH PURWASABA KECAMATAN MANDIRAJA K~1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari dengan adanya permasalahan kemampuan membaca AlQur‟an siswa. Kemampuan siswa yang masih rendah dalam membaca Al-Qur‟an terutama siswa di Madrasah membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tersebut. Di MTs Al-Hidayah Purwasaba pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an merupakan suatu program wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa tanpa terkecuali. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini ialah bagaimana penerapan metode Yanbu‟a pada pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MTs Al-Hidayah Purwasaba. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Yanbu‟a pada pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an pada siswa di MTs Al-Hidayah Purwasaba. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan (fieldresearch) dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan bagaimana penerapan metode yanbu‟a pada pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MTs AlHidayah Purwasaba Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Subjek dalam penelitiana ini ialah siswa, guru dan Kepala MTs Al-Hidayah Purwasaba. Sedangkan untuk lokasi dari penelitian ini adalah di MTs Al-Hidayah Purwasaba yang berlokasi di Desa Purwasaba Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Hasil dari penelitian penerapan metode Yanbu‟a pada pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur‟an di MTs Al-Hidayah Purwasaba dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) persiapan: pada tahap ini guru menyiapan materi yang akan disampaikan dan segala hal yang berhubungan dengan mateiri. 2) tahap Pembukaan: pada tahap ini pertama guru mengucapkan salam kemudian membaca doa dan dilanjutkan dengan cladroh. 3) kegiatan inti: dimana pada tahap ini guru terlebih dahulu menyampaikan materi secara keseluruhan kepada siswa untuk selanjutnya bisa disampaikan secara individu. 4) tahap penutup: dalam metode Yanbu‟a, sebelum guru mengakhiri pembelajaran, guru membaca doa sebelum mengakhiri pembelajaran untuk selanjutnya membaca salam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an, Metode Yanbu‟a. |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 03 Aug 2018 00:06 |
Last Modified: | 03 Aug 2018 00:06 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4064 |
Actions (login required)
View Item |