LAILATUL MUNFARIDAH, NIM. 1323308027 (2018) PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD IT) AL HUDA SIDAYU KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (512kB) | Preview |
|
Text
LAILATUL MUNFARIDAH_PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD IT) AL HUDA SIDAYU KEC.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter bukan saja merupakan hal yang penting bagi lembaga pendidikan, tetapi menjadi kebutuhan yang harus diberikan kepada anak didik, karena kebutuhan bangsa ini bukan hanya mengantarkan dan mencetak anak didik cerdas dalam nalar, tetapi juga harus cerdas dalam moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu; 1) nilai-nilai karakter yang ditanamkan di SD IT Al Huda Sidayu kecamatan Binangun kabupaten Cilacap. 2) implementasi pendidikan karakter di SD IT Al Huda Sidayu kecamatan Binangun kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Bahasa Arab, Guru kelas, Staf TU, Siswa dan Wali murid. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah implementasi pendidikan karakter di SD IT Al Huda Sidayu kecamatan Binangun kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) nilai-nilai karakter yang ditanamkan di SD IT Al Huda Sidayu kecamatan Binangun kabupaten Cilacap, antara lain; Religius, Dapat dipercaya, Disiplin, Mandiri, Jujur, Tanggung jawab, Kerja keras, Hemat, Berani, Rasa hormat dan perhatian, Peduli lingkungan, Bersahabat/komunikatif, dan Cinta tanah air. 2) implementasi pendidikan karakter di SD IT Al Huda Sidayu kecamatan Binangun kabupaten Cilacap terlaksana melalui: (a) pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Kewarganegaraan, serta Seni Budaya dan Keterampilan; (b) pengembangan budaya sekolah yang dilakukan melalui kegiatan pengembangan diri, antara lain: kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian; (c) kegiatan ekstrakurikuler yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan karakter. Kegiatan ekstrakurikuler berjalan saat akan ada perlombaan atau kegiatan lain. Keberhasilan ekstakurikuler dibuktikan dengan banyaknya penghargaan dan perlombaan yang dijuarai oleh siswa-siswi SD IT Al Huda Sidayu; (d) kegiatan keseharian siswa di rumah melalui kartu penghubung yang menjadi media komunikasi antara guru dan orang tua setiap harinya dalam rangka pembiasaan pendidikan karakter pada saat di rumah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, SD IT Al Huda Sidayu |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 00:10 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 00:10 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4044 |
Actions (login required)
View Item |