IMRON SYAFA’AT, NIM: 1423305062 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS II MI MA’ARIF NU BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (670kB) | Preview |
|
Text
IMRON SYAFA'AT_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DALAM PEMBELAJA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Keaktifan peserta didik sangat penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu pemilihan model pembelajaran juga harus di rencankan dan disesuaikan dengan karakteristik siswa. Salah satu cara meningkatkan keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle seperti yang diterapkan di MI Ma’arif Beji. Dengan latar belakang tersebut maka dapat penulis temukan rumusan masalah yaitu “Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dalam pembelajaran IPS kelas II MI Ma’arif Beji,kecamatan Kedungbanteng, kabupaten Bnayumas tahun pelajaran 2017/2018 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle di MI Ma’arif Beji merupakan model belajar kelompok dengan sistem lingkaran dalam dan lingkaran luar dimana siswa dituntut aktif dan bekerjsama dengan baik. Model pembelajaran ini sangat mendukung pembelajaran yang melatih sisi sosial dan keaktifan siswa. Dengan mengunkan model pembelajaran ini di MI Ma’arif Beji dapat menciptakan hubungan antar pribadi, mengembangkan kemampuan kelompok, dan meningkatkan keaktifan siswa kelas II MI Ma’arif Beji. Peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan lokasi di MI Ma’arif NU Beji, dengan subjek penelitian Kepala Madrasah, Guru Kelas, dan siswa kelas II MI Ma’arif Beji. Objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dalam pembelajaran IPS kelas II MI Ma’arif NU Beji. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan oleh penulis yaitu dengan Data Reduction (Reduksi data) dan Data Desplay (Penyajian Data) Dengan menggunakan modal tersebut dalam penyajian dan analisis data didapatkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle di MI Ma’arif NU Beji sudah dikembangkan dengan dikombinasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division dan Team Assisted Individualy.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model, Pembelajaran, Kooperatif, Inside Outside Circle |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 07 Jul 2018 06:09 |
Last Modified: | 07 Jul 2018 06:09 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3823 |
Actions (login required)
View Item |