ANITA RATMAWATI, 1323202020 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ETIKA PROMOSI PENJUALAN MELALUI MEDIA (Studi Kasus Toko Aldis Store Desa Sampang Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, IAIN.
Text
ANITA RATMAWATI_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ETIKA PROMOSI PENJUALAN MELALUI MEDIA (Studi Kasus .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) | Preview |
Abstract
Dalam praktek promosi dapat dilakukan dengan mendasarkan pada tujuan seperti, modifikasi tingkahlaku, memberitahu, membujuk dan mengingatkan. Dalam modofikasi tingkahlaku biasanya orang-orang mencari kesenangan, mencari bantuan, memberikan pertolongan, memberikan informasi, mengemukakan ide dan pendapat. Dengan begitu banyaknya praktek promosi media untuk meningkatkan penjualan, salah satunya di Toko Aldis Store Cilacap. Oleh karena itu, promosi harus memperhatikan isi pesan, bahasa, cara memerankan iklannya dan disesuaikan dengan keadaan sebenrnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yakni penelitian lapangan (field research), penelitian yang dilakukan langsung dilapangan yang objek utamanya adalah Toko Aldis Store dan buku-buku perpustakaan yang berkaitan dengan etika bisnis Islam. Metode analisis data: menggunakan deskriptif analisis komparatif. Analisis data deskriptif yaitu metode yang menunjuk kepada subjek penelitian berdasarkan data. Sedangkan analisis komparatif bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat dengan cara berdasarkan pengamatan. Hasil dari penelitian ini bahwasanya dalam melakukan promosi pada media harus dengan keadaan yang sebenarnya agar tidak menimbulkan kekecewaan terhadap konsumen. Praktik etika promosi bertujuan untuk memberitahukan masyarakat melalui media seperti bbm, instagram, facebook dan lain sebagainya. Dari segi periklanan yang dilakukan Toko Aldis Store sudah sesuai dengan ketentuan yang benar, dari segi transaksi sudah sesuai demgam syariat kebanyakan dilakukan secara tunai dan jelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Promosi, Media |
Subjects: | 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang) |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 05 Feb 2018 01:41 |
Last Modified: | 05 Feb 2018 01:41 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3428 |
Actions (login required)
View Item |