SEPTIANA, PRIHATIN NINGSIH (2025) PENGARUH SERVICESCAPE, E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBYEK WISATA ALAM GOA LAWA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
1Fiks-Skripsi-Septiana Prihatin Ningsih_214110201032.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi pada zaman modern saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, ini dapat dilihat dari komunikasi melalui media sosial yang dapat dilakukan dari mana saja. Penelitian ini menggunakan grand theory Theory of Planned Behavior (TPB) yang menyatakan bahwa keputusan individu dipengaruhi oleh sikap (attitude), norma subjektif (subjective norm), dan persepsi kontrol (perceived control). Kemajuan teknologi informasi dan perkembangan internet tidak hanya mengubah tatanan hubungan sosial saja, namun juga mengubah pola konsumsi seseorang. Komunikasi yang dilakukan melalui media sosial, dapat menjadi sumber informasi bagi calon wisatawan. Ulasan konsumen berfungsi sebagai informasi yang jujur dan aktual bagi calon wisatawan, ini dapat mempengaruhi persepsi dan keputusan konsumen. Pada konteks wisata alam servicescape (lingkungan fisik) yang baik akan membuat nyaman ini akan mempengaruhi pengalaman konsumen dan dapat berpengaruh terhadap keputusan berkunjung di Goa Lawa Purbalingga, yang mempunyai daya tarik wisata unik dan menarik. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh servicescape, e-wom, dan promosi terhadap keputusan berkunjung pada Goa Lawa Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling pada pengambilan sampelnya menggunakan rumus Slovin. Google form digunakan untuk membantu menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan wisatwan yang pernah berkunjung ke Goa Lawa Purbalingga minimal 1 (satu) kali dan aktif menggunakan media sosial, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) servicescape berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung pada Goa Lawa Purbalingga; (2) e-wom berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjugn pada Goa Lawa Purbalingga; (3) promosi berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan berkunjung pada Goa Lawa Purbalingga; (4) berdasarkan dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,381 sehingga variabel keputusan berkunjung (dependen) yang dapat dijelaskan oleh servicescape, e-wom dan promosi dalam penelitian ini sebesar 38,1% sedangkan 61,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Servicescape, E-WOM, Promosi, Keputusan Berkunjung |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Septiana Prihatin Ningsih |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:47 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:47 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |