Elyana, Widyaningsih (2025) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP BULLYING DI SMP 01 GUNUNGJATI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Ssaifuddin Zuhri.
|
Text
ELYANA ABI TRI W_EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP BULLYING DI SMP 01 GUNUNGJATI PURWOKERTO.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Bullying merupakan salah satu permasalahan sosial yang sering terjadi di lingkungan sekolah dan berdampak negatif terhadap perkembangan psikologis, sosial, dan akademik siswa. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah bullying, kenyataannya masih banyak siswa yang belum memahami bentuk-bentuk bullying, dampaknya, maupun cara menghadapinya secara tepat. Kurangnya pemahaman ini menunjukkan perlunya pendekatan yang lebih efektif dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Salah satu bentuk layanan yang dapat diberikan adalah bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk 1.) mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap bullying sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode problem based learning, 2.) mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap bullying sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode problem based learning, 3.) mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan metode problem based learning dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap bullying di SMP 01 Gunungjati Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Populasi penelitian berjumlah 28 siswa kelas VIII B SMP 01 Gunungjati Purwokerto. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh yaitu teknik yang menjadikan seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Analisis data menggunakan uji sample paired t-test dengan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 < α = 0.05, artinya H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan terdapat perbedaan skor rata-rata setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok dengan metode problem based learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan metode problem based learning cukup efektif memberikan pengaruh terhadap pemahaman siswa terhadap bullying ditunjukkan adanya peningkatan skor pemahaman bullying siswa dari awalnya sebagian besar memilki pemahaman bullying rendah menjadi sangat tinggi, yaitu dari 39,29% kategori rendah, 35,71% kategori sedang, 25% kategori tinggi menjadi 46,43% kategori tinggi dan 53,57% kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Efektivitas, Bimbingan Kelompok, Problem Based Learning, Bullying
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Bimbingan Kelompok, Problem Based Learning, Bullying |
Subjects: | 000 Generalities > 080 General collections |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Elyana Abi Tri Widyaningsih |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 06:10 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 06:10 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31440 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |