EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING LIVEWORKSHEETS BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMP UMP

Nabila, Salma Kirana (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING LIVEWORKSHEETS BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMP UMP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NABILA SALMA KIRANA_EFEKTIVITAS E-LEARNING LIVE WORKSHEET BERBASIS WEBSITE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan media pembelajaran e-learning Liveworksheets berbasis website dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media Liveworksheets dan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis statistik menunjukkan seluruh butir soal dinyatakan valid (r hitung > 0,4227) dan reliabel pada kelas eksperimen (0,946 > 0,05) dan pada kelas kontrol (0,882 > 0,05). Data berdistribusi normal (0,076 > 0,05) dan homogen (0,609 > 0,05). Uji hipotesis menunjukkan adanya selisih skor sebesar 0,912 antara kelompok eksperimen yang menggunakan Liveworksheets dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, ini menunjukkan bahwa penggunaan Liveworksheets memiliki efektivitas terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Liveworksheets, Hasil Belajar Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nabila Salma Kirana
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:22
Last Modified: 02 Jul 2025 03:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31425

Actions (login required)

View Item View Item