STRATEGI PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KITAB AKHLAK LIL BANIN JILID I DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AL-HIDAYAH DESA PECEKELAN, KABUPATEN WONOSOBO

Sinta Nuriyatun, Navisah (2025) STRATEGI PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KITAB AKHLAK LIL BANIN JILID I DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AL-HIDAYAH DESA PECEKELAN, KABUPATEN WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhhri.

[img]
Preview
Text
Sinta Nuriyatun Navisah_Strategi Penanaman Pendidikan Karakter melalui Kitab Akhlak lil Banin Jilid I di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hidayah Desa Pecekelan Kabupaten Wonosobo.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi muda yang berintegritas, terutama di tengah tantangan era digital yang kompleks dan penuh distraksi moral. Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) sebagai lembaga pendidikan Islam nonformal memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual kepada peserta didik. Salah satu media yang digunakan adalah Kitab Akhlak lil Banin jilid I, yang mengajarkan nilai-nilai karakter. Namun, implementasinya di MDT Al-Hidayah, Desa Pecekelan, Kabupaten Wonosobo, masih menghadapi sejumlah tantangan, seperti rendahnya minat dan pemahaman santri terhadap nilai-nilai karakter yang diajarkan, penggunaan metode pembelajaran yang kurang variatif, serta keterbatasan waktu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang diajarkan dalam kitab Akhlak lil Banin jilid I dan implementasinya dalam kehidupan santri di MDT Al-Hidayah serta menganalisis strategi yang digunakan ustadz/ustadzah dalam menanamkan nilai-nilai karakter dalam kitab tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan lima nilai karakter utama: religius, kejujuran, kedisiplinan, sopan santun, dan rendah hati. Nilai religius dan kejujuran diimplementasikan dengan baik, sedangkan kedisiplinan, sopan santun, dan rendah hati perlu ditingkatkan. Strategi yang digunakan meliputi keteladanan, ceramah, pembiasaan, dan inkulkasi nilai. Keteladanan, pembiasaan, dan inkulkasi nilai berjalan efektif, namun strategi ceramah perlu diperkuat agar pemahaman dan penerapan nilai karakter oleh santri menjadi lebih optimal. Kata kunci: Kitab Akhlak lil Banin, Madrasah Diniyah Takmiliyah, Strategi Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kitab Akhlak lil Banin, Madrasah Diniyah Takmiliyah, Strategi Pendidikan Karakter
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sinta Nuriyatun Navisah
Date Deposited: 02 Jul 2025 06:42
Last Modified: 02 Jul 2025 06:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31423

Actions (login required)

View Item View Item