PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO

SITI SHOFWATUN, SYARIFAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Siti Shofwatun Syarifah_TMA_214110407101.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran STEM dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto. dalam era pendidikan modern, penerapan metode pembelajaran yang inovatif sangat penting untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan interaktif. Model pembelajaran berbasis STEM, yang mengintegrasikan sains, teknologi, teknik dan matematika, diharapkan dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain semu, dimana siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran STEM dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan penalaran matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Temuan ini menegaskan pentingnya inovasi dalam metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penalaran matematis siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran STEM, Penalaran Matematis, Inovasi Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STEM, Penalaran Matematis, Inovasi Pembelajaran
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Shofwatun Syarifah
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:11
Last Modified: 02 Jul 2025 04:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31420

Actions (login required)

View Item View Item