Tomi Rahmatulloh, Firdaus (2025) Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Matematika Terintegrasi Keislaman Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Ma'arif NU Paguyangan. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Skripsi Tomi Rahmatulloh Firdaus.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu keterampilan utama yang harus dimiliki oleh pelajar di era teknologi yang terus berkembang. Di tengah arus informasi yang begitu deras, siswa tidak bisa lagi hanya menerima informasi secara mentah, melainkan harus mampu menyeleksi dan menganalisis informasi tersebut dengan bijak. Sayangnya, di SMP Ma'arif NU Paguyangan, tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran masih bergantung pada metode ceramah konvensional dan hanya menggunakan buku paket sebagai sumber belajar utama. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video interaktif matematika yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman. Media ini dirancang agar valid dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan kuasi eksperimen untuk menguji efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dibuat dinyatakan valid dan layak digunakan. Validasi dari ahli materi menunjukkan nilai sebesar 80%, dari ahli media 81,42%. Selain itu, video tersebut juga terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, yang terlihat dari skor rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,8 berkategori “tinggi”, lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 0,43 berkategori “sedang”. Analisis data menggunakan uji-t dua sampel bebas menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang jauh di bawah ambang 0,05. Ini berarti hipotesis nol (H_0) ditolak dan hipotesis alternatif (H_1) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran interaktif matematika yang dikembangkan, selain dinyatakan valid oleh para ahli dan guru, juga terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Ma'arif NU Paguyangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Terintegrasi Keislaman; Video Pembelajaran Interaktif Matematika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Tomi Rahmatulloh Firdaus |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:11 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:11 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |