YASINTA, NURUL NAIMAH (2025) PENGARUH KEPERCAYAAN PELANGGAN, VARIASI PRODUK, DAN KEMUDAHAN SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA HOME INDUSTRI DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.
|
Text
YASINTA NURUL NAIMAH_PENGARUH KEPERCAYAAN PELANGGAN, VARIASI PRODUK, DAN KEMUDAHAN SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA HOME INDUSTRI DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Saat ini, persaingan usaha kuliner semakin ketat. Pelaku usaha dituntut untuk terus berinovasi agar tetap diminati pelanggan dan mampu bersaing dengan usaha lainnya. Hal ini juga dirasakan oleh Bu’e Catering, salah satu usaha rumahan yang bergerak di bidang kuliner yang berlokasi di Desa Karanglewas Kidul. Untuk mempertahankan usahanya, Bu’e Catering terus berupaya meningkatkan kepercayaan pelanggan, menambah variasi produk, serta menyediakan sistem pembayaran digital yang memudahkan konsumen. Selain itu, kepuasan pelanggan juga menjadi faktor penting dalam menjaga keberlanjutan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan pelanggan, variasi produk, dan kemudahan sistem pembayaran digital terhadap keberlanjutan usaha home industri Bu’e Catering, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, populasinya adalah konsumen yang pernah membeli produk dari Bu’e Catering minimal 2 kali dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dan juga moderating regression analysis. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan, variasi produk, dan kemudahan sistem pembayaran digital berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keberlanjutan usaha. Kepuasan pelanggan juga terbukti memoderasi pengaruh ketiga variabel tersebut secara signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa meningkatkan kepercayaan, variasi produk, kemudahan pembayaran, dan juga kepuasan pelanggan sangat penting untuk mendukung keberlanjutan usaha Bu’e Catering. Penelitian ini masih terbatas pada lokasi dan jumlah responden, sehingga disarankan penelitian selanjutnya memperluas cakupan dan menambah variabel lain seperti variabel harga,dan promosi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan, Variasi Produk, Kemudahan Pembayaran Digital, Kepuasan, Keberlanjutan Usaha |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Yasinta Nurul Naimah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:32 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:04 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |