PENERAPAN PROGRAM ONE WEEK ONE JUZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA

Yusuf, Alfathony (2025) PENERAPAN PROGRAM ONE WEEK ONE JUZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Yusuf Alfathony fix.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program One Week One Juz, siswa diberikan metode yang memotivasi mereka untuk membaca satu juz Al-Qur'an secara teratur dan dengan tekun setiap minggu. Program One Week One Juz di SMA Negeri 1 Kutasari telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Metode ini, yang bertujuan untuk memungkinkan proses pembelajaran yang cepat dan efisien, menggabungkan strategi membaca yang telah terbukti dengan pendekatan yang sistematis. Tujuan dari studi ini adalah untuk memeriksa penggunaan program One Week One Juz guna meningkatkan kompetensi membaca siswa dalam Al-Qur'an dalam pelajaran agama (PAI) di SMA Negeri 1 Kutasari. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Menurut hasil penelitian, pelaksanaan program One Week One Juz memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan atau keterampilan membaca Al￾Qur'an di kalangan siswa. Siswa yang berpartisipasi menunjukkan kemajuan dalam kelancaran membaca, pemahaman tajwid, dan motivasi untuk membaca Al-Qur'an. Selain itu, studi tersebut menunjukkan bahwa program One Week One Juz juga memiliki pengaruh positif terhadap sikap religius siswa dan disiplin belajar mereka. Para guru PAI mengakui bahwa program ini membantu mereka dalam mengajar dan memantau kemajuan siswa dalam membaca Al-Qur'an. Namun, studi ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan, seperti kekurangan waktu dan kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar program One Week One Juz diintegrasikan secara sistematis ke dalam kurikulum PAI dan didukung oleh berbagai Faktor seperti sekolah, keluarga, dan masyarakat. Diharapkan bahwa pelaksanaan program ini akan menjadi model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis Al-Qur'an di kalangan siswa di sekolah-sekolah lain. Kata Kunci: One Week One Juz, Kemampuan Membaca Al-Quran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: One Week One Juz, Kemampuan Membaca Al-One Quran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusuf Alfathony
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:44
Last Modified: 30 Jun 2025 04:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31339

Actions (login required)

View Item View Item