Nisa Anindia, Ningrum (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI UPAYA PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA MAPEL PAI KELAS VIII SMPN 3 PURWOKWETO. Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Bismillah_Revisi Skripsi Nisa (1) (1).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis PAI kelas VIII SMPN 3 Purwokerto. Peneliti memilih model problem based learning berbantuan media aniamsi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis PAI peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi dan apakah terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media animasi upaya peningkatan berpikir kritis PAI peseta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunkan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII yang berjumlah 288 peserta didik, dengan sampel 35 peserta didik kelas VIII C, dan 35 peserta didik kelas VIII D. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil dari uji mann whitney terhadap post-test diperoleh nilai sig 0,000 > 0,05 berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara model problem based learning berbantuan media animasi upaya peningkatan berpikir kritis PAI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis PAI, Media Animasi, Problem Based Learning |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nisa Anindia Ningrum |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:26 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 03:26 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |